MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Modernisasi dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Penelantaran Lansia pada Keluarga di Surabaya

diposting oleh alhada-fisip11 pada 04 February 2014
di Penelitian - 0 komentar

ABSTRAK  

 

.......... Dewasa ini setiap tahunnya jumlah penduduk lanjut usia di Indonesiamenunjukkan peningkatan yang signifikan. Peningkatan jumlah lansia tersebut selain merupakan indikator keberhasilan pembangunan di bidang ekonomi dan terutama di bidang kesehatan, juga melahirkan berbagai masalah sosial baru. Masalah sosialtersebut diantaranya adalah meningkatnya jumlah lansia terlantar di Indonesia. Menurut teori dari Ogburn, meningkatnya jumlah penelantaran lasia tersebut diakibatkan karena semakin modernnya keluarga.  

 

.......... Untuk menguji kembali kebenaran teori dari Ogburn tersebut, padakesempatan kali ini akan dilakukan penelitian untuk mengetahui hubungan antara tingkat penelantaran lansia dengan modernisasi keluarga dengan judul ”Modernisasi dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Penelantaran Lansia pada Keluarga di Surabaya”. Penelitian ini menggunakan pendekatan positivistik, dengan populasi yaitu mahasiswa FISIP UNAIR yang memiliki lansia, kemudian teknik penarikan sampel menggunakan teknik purpousive cluster sampling, dan menggunakan analisis statistik product moment.  

 

.......... Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara modernisasi keluarga (X) dengan tingkat penelantaran lansia (Y)pada taraf signifikasi sebesar 0,05%, dan tingkat keeratan hubungannya antara ke-2 variabel tersebut dapat dikatakan kuat/tinggi. Akan tetapi berbeda dengan teoriyang dikemukakan oleh Orburn, arah hubungan antara modernisasi keluarga dengan tingkat penelantaran lansia ditemukan bersifat “negatif”, dalam arti yaitu semakintinggi tingkat modernisasi keluarga, maka semakin rendah tingkat penelantaran lansia.  

 

Keyword: Modernisasi, Penelantaran lansia, Keluarga

 

 

# Untuk mengetahui laporan hasil penelitian ini secara penuh, silahkan klik link di bawah ini;


DOWNLOAD LAPORAN HASIL PENELITIAN 


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :