MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Teori Tindakan Sosial Max Weber

diposting oleh alhada-fisip11 pada 13 November 2013
di Pengetahuan Akademik - 0 komentar

.......... Bagi Max Weber, sosiologi adalah ilmu yang berusaha memahami tindakan-tindakan sosial dengan menguraikannya dengan menerangkan sebab-sebab tindakan tersebut. Pokok penyelidikan Weber adalah tindakan orang seorang dan alasan-alasannya yang bersifat subyektif (itulah yg disebut Verstehende Sociologie). Dengan kata lain Verstehende merupakan suatu metode pendekatan yang berusaha untuk mengerti makna yang mendasari dan mengitari peristiwa sosial dan histori. Pendekatan ini bertolak dari gagasan bahwa tiap situasi sosial didukung oleh jaringan makna yang dibuat oleh para aktor yang terlibat di dalamnya.


Weber memisahkan 4 tindakan sosial dalam sosiologi yaitu:

  1. Zweck Rational: yaitu tindakan sosial yang melandaskan diri kepada pertimbangan-pertimbangan (juga ketika menanggapi orang-orang lain di luar dirinya dalam rangka usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup). Denganb kata lain zweck rational merupakan suatu tindakan sosial yang ditujukan untuk mencapai tujuan semaksimal mungkin dengan menggunakan dana serta daya seminimal mungkin
  2. Werth Rational: yaitu tindakan sosial yang rational, namun yang mendasarkan diri pada suatu nilai-nilai absolut tertentu. Nilai-nilai yang dijadikan sandaran ini bisa nilai etis, keagamaan, atau estetis. Jadi werth rational menjelaskan bahwa manusia selalu menyadarkan tindakannya yang rational pada suatu keyakinan terhadap suatu nlai tertentu
  3. Affectual: yaitu suatu tindakan sosial yang timbul karena dorongan atau motivasi yang sifatnya emosional. Misalnya adalah Ledakan kemarahan, ungkapan rasa cinta, kasihan, dsb.
  4. Tradisional: Merupakan tindakan yang didorong dan berorientasi kepada tradisi masa lampau. 

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :