MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Robert M. Solow

diposting oleh alhada-fisip11 pada 08 September 2013
di Pengetahuan Akademik - 0 komentar

 

Robert Merton Solow ialah ekonom Amerika Serikat yang terkenal khususnya atas karyanya pada teori petumbuhan ekonomi. Ia di anugerahi John Bates Clark Medal pada 1961 dan Penghargaan Nobel dalam Ekonomi pada 1987. Solow lahir di Brooklyn, New York pada tanggal 23 Agustus 1924. Ia bertugas di United States Army antara 1942–1945. Ia menerima gelar doktor dalam ilmu ekonomi di Harvard University, belajar dengan Wassily Leontief.

 

Robert M. Solow yang kerap dipanggil Solow lahir dalam keluarga yang miskinan, namun hal itu tidak menghalangi Solow mendapatkan pendidikan terbaik dan meraih mimpinya. Saat duduk di bangku sekolah menengah, ia berhasil mendapatkan beasiswa di Harvard University. Kegiatannya menuntut ilmu di Harvard ini tidak berjalan lama. Rasa bosan yang menyerang karena faktor materi yang diajarkan terlalu monoton, membuatnya mengambil keputusan untuk hengkang dari kampus ini  dan memilih menjadi tentara pada tahun 1942-1945.

 

Solow bergabung dengan US Army, angkatan bersenjatanya Amerika Serikat di usianya yang menginjak 18 tahun. Dia bertugas di korps militer ini selama 3 tahun hingga tahun 1945 ketika pecah perang dunia ke 2. Setelah masa bertugasnya di barak militer selesei, Solow memutuskan untuk kembali ke bangku kuliah.

 

Sekembalinya ke bangku kuliah, Solow mengabdikan diri di sebuah tim peneliti yang saat itu di bawah komando Wassily Leontif, yang kelak pada tahun 1973 juga memenangi hadiah nobel di bidang ekonomi. Pada waktu itu, Solow menunjukkan ketertarikannya yang lebih kepada dunia statistik probabilitas.

 

Rasa ingin tahu yang besar terhadap berbagai rumus statistik membuatnya memutuskan belajar dengan lebih mendalam di Columbia University. Ini terjadi pada tahun 1949-1950. Selain belajar, Solow juga mulai menyebarkan ilmu yang dia dapat dengan menjadi tenaga pengajar di kampus MIT (Massachusetts Institute of Technology) untuk pengajaran di bidang statistik serta ekonomi. 

 

Rasa ketertarikan Solow terhadap ilmu pengetahuan bernama ekonomi juga tidak lepas dari pengaruh Paul Samuelson. Selama hampir 40 tahun, Solow bekerjasama dengan ekonom Paul Samuelson. Ia tak hanya membicarakan materi ekonomi, tetapi juga politik, dan berbagai hal. Karena lama dan seringnya bergaul dengan Paul Samuelson membuat dia mempunya energi dan semangat lebih untuk mendalami makro ekonomi yang membahas berbagai aspek kehidupan yang ada di masyarakat.

 

Selain berkecimpung di dunia akademisi, Solow juga berkarir menjadi seorang praktisi. Pada mula tahun 1961, Solow menjadi salah satu Dewan Penasehat Ekonomi selama satu tahun yaitu pada tahun pada tahun 1961-1962. Enam tahun berikutnya, Solow diangkat sebagai anggota Komisi Kepresidenan selama 3 tahun yaitu tahun 1968-1971.

 

Model pertumbuhan ekonomi yang dikemukakan oleh Solow sering dikenal sebagai model pertumbuhan ekonomi neo-klasik. Model pertumbuhan ekonomi ini memungkinkan terjadinya determinan pertumbuhan ekonomi untuk dipisahkan ke dalam masukan (buruh dan model) dan proses teknik.  Solow juga merupakan orang pertama yang mengembangkan model pertumbuhan ekonomi dengan berbagai vintage. Dengan menggunakan model ekonominya, Solow menghitung bahwa sekitar empat perlima pertumbuhan dalam output di AS per buruh diakibatkan oleh proses teknik.

 

Menurut Solow, pertumbuhan ekonomi bergantung kepada perkembangan modal serta pertumbuhan penduduk atau populasi. Karena pertambahan modal atau kapital dipengaruhi oleh besarnya tabungan serta adanya depresiasi modal, maka dalam periode tertentu pertambahan modal atau kapital bisa menjadi nol. Ini disebabkan karena nilai capital, baik yang terbentuk dan yang terdepresiasi adalah sama. Dalam lingkup makro, kondisi ini bisa menyebabkan perekonomian berada dalam kondisi stabil dengan penghasilan yang tetap. Dalam teori ini diasumsikan bahwa variabel teknologi bersifat eksogen. Artinya, variabel ini tidak dipengaruhi oleh variabel lain atau menjadi variabel bebas. Pada fungsi produksi, teknologi dianggap given atau tetap dan tingkat penawarannya berada pada posisi tertentu.

 

Tahun 1987, melalui teori yang ia kembangkan, Solow mendapatkan penghargaan Nobel bidang ekonomi. Dan, pada tahun 1999, presiden Bill Clinton memberikan penghargaan National Medal of Science kepadanya. Kini, ia bekerja sebagai dosen di Massachusetts Institute of Technology Sloan School of Management sekaligus menjabat sebagai presiden di  Cournot Centre for Economic Studies yang ia dirikan pada tahun 2000. Ia dipercaya sebagai ekonom untuk perdamaian dan keamanan. Ia juga menerima gelar doktor ilmu pengetahuan dari Tufts University pada tahun 2011.

 

Referensi: Diambil dari penjelasan dosen dalam perkuliahan, mata kuliah sosiologi ekonomi universitas airlangga, Selasa, 7 Mei 2013

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :