MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

DAMPAK PRAKTIK PROSTITUSI TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DAERAH LOKALISASI JARAK-DOLLY KELURAHAN PUTAT JAYA

diposting oleh alhada-fisip11 pada 12 July 2013
di Penelitian - 0 komentar

ABSTRAK

 

Penelitian tentang dampak praktik prostitusi terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitar daerah Lokalisasi Jarak Dolly di Putat Jaya diilhami oleh maraknya penutupan lokalisasi yang sekarang ini sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh pemerintah Kota Surabaya. Penelitian ini mengangkat topik tentang Bagaimana dampak praktik prostitusi terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitar daerah Lokalisasi Jarak Dolly di Putat Jaya.

 

Teori Multiplier Effect menyatakan bahwa suatu kegiatan akan dapat memacu timbulnya kegiatan lain (Glasson, 1990). Teori multiplier effect biasanya berkaitan dengan perekonomian suatu daerah, dalam hal ini adalah daerah perkotaan. Konsep multiplier effect sendiri merupakan sebuah konsep yang membahas tentang suatu dampak yang ditimbulkan oleh sebuah sektor pekerjaan. Namun demikian, para ahli mempunyai pandangan yang berbeda-beda tentang definisi dan konseptualisasi teori multiplier effect.

 

            Lokasi penelitian di Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Penelitian ini bertipe deskriptif, dengan menekankan pada analisa kuantitatif. Dalam penelitian ini diperoleh 27 informan yaitu penduduk sekitar lokalisasi yang menggantungkan hidupnya di sektor lain dan mengandalkan keramaian lokalisasi Jarak-Dolly.

 

Dari segi ekonomi dan penciptaan lapangan kerja baru, lokalisasi merupakan sebuah fenomena yang mempunyai kaitan yang dimensional dan menimbulkan efek berganda atau yang kemudian disebut dengan multiplier efek. Kemunculan lapangan kerja baru yang kemudian merangsang pertumbuhan ekonomi penduduk lokal, memancing jalan dan berkembangnya aktivitas ekonomi yang mapan.

 

Dampak sosial dari eksistensi lokalisasi Jarak-Dolly yang dirasakan oleh penduduk sekitar. Bentuk interaksi sosial para informan dengan pihak ekstern, masyarakat di daerah sekitar lokalisasi tak bisa dikatakan sebagai masyarakat yang terbuka, karena berdasarkan data yang ada, lebih dari 50% masyarakat yang tinggal di sekitar lokalisasi Jarak-Dolly dapat dikatakan sebagai masyarakat yang kurang terbuka terhadap masyarakat luar.

 

Keywords : lokalisasi, multiplier effect, dampak ekomomi, dampak sosial

 

=> Bagi sobat yang tertarik dan ingin membaca hasil penelitian ini secara lengkap, sobat bisa men-download-nya dengan meng-klik link di bawak ini:

 

DOWNLOAD LAPORAN HASIL PENELITIAN


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :