MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Arti Qiyamullail

diposting oleh alhada-fisip11 pada 04 April 2013
di Umum - 0 komentar

 


Banyak yang mengartikan Qiyamullail sebagai Sholat Tahajud.Tapi sebenrnya artinya lebih luas dari itu. Sholat Tahajud dilakukan tengah malah setelah tidur terlebih dahulu. Sedangkan Qiyamullail adalah ibadah yang dilakukan malam setelah adzan isya tanpa harus tidur terlebih dahulu sampai dengan adzan subuh. Jadi Sholat tahajud adalah salah satu diantaranya. 

Qiyamullail merupakan salah satu ibadah yang paling utama, sebagaimana sabda Rasulullah saw: “Sholat yang paling utama sesudah sholat fardhu adalah qiyamul lail (sholat di tengah malam).” (Muttafaqun ‘alaih). Adapun hadits yang memperkuat bahwa Qiyamul lail sama dengan tahajjud adalah sbb :“Sesungguhnya orang yang telah melakukan dosa, akan terhalang dari qiyamul lail .” Ada seseorang yang bertanya: “Aku tidak dapat bangun untuk untuk qiyamul lail , maka beritahukanlah kepadaku apa yang harus kulakukan?” Beliau menjawab : “Jangan engkau bermaksiat (berbuat dosa) kepada-Nya di waktu siang, niscaya Dia akan membangunkanmu di waktu malam.” (Tazkiyyatun Nufus, Ahmad Farid). Bisa juga dilakukan dengan zikir, membaca A-Qur'an, dll. Yang terpenting dalam melaksanakan Qiyamullail dan Tahajud adalah iklas dan kontinu.


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :