MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

* LIDAH SEBAGAI UKURAN *

diposting oleh alhada-fisip11 pada 29 March 2013
di Islamiah - 0 komentar

 

 

Salah satu anggota tubuh terpenting yang telah di berikan oleh Allah pada makhluknya adalah lidah, yang digunakan untuk berbicara. Akan tetapi, kata-kata yang dikeluarkan oleh lidah itu ada yang baik dan ada pula yang bu...ruk. Bisa jadi satu kalimat yang diucapkan oleh orang yang tidak peduli dengan akibat kata-katanya lebih berbahaya dari senjata penghancur dan api yang menyala. Barangsiapa menjaga lidahnya, maka akan bahagia jiwanya, tenang hatinya, serta merih keridhaan Tuhannya. Rasulullah saw bersabda,"Sesungguhnya, seorang hamba yang berucap dangan satu kalimat yang diridhai Allah, maka Allah akan meninggikan derajatnya. Dan seorang hamba yang berbicara dengan satu kalimat yang membuat Allah marah, maka Allah akan mencampakannya ke neraka jahanam." (HR. Bukhari). Dan dalam satu riwayat yang lain disebutkan,"(Ia) akan dihinakan di neraka, yang lebarnya melebihi jarak Timur dan Barat." (HR. Bukhari dan Muslim). Imam Ibnul Qayyim mengungkapkan,"Para ahli Sirathul-Mustaqim (orang yang memiliki jalan kehidupan yang lurus) menjaga lidah mereka dari kebatilan, dan hana menggunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat bagi mereka di akhirat.

Engkau tidak akan melihat salah seorang mereka mengucapkan sebuah kalimat sia-sia yang tidak bermanfaat, apalagi sampai mencelakai orang lain. Sungguh, seorang hamba akan datang pada Hari Kiamat dengan membawa kebaikan-kebaikannya yang menggunung, tapi ia mendapati lisannya telah menghancurkan amalan itu. Dan akan datang (seorang hamba) dengan kejelekannya yang menggunung, tapi ia mendapati lidahnya telah menghancurkannya dengan banyaknya dzikir kepada Allah dan yang berkaitan dengan hal itu."

Imam an-Nawawi berkata,"Ketahuilah, wajib bagi setiap mukallaf untuk menjaga lidahnya dari semua perkataan, kecuali perkataan yang mengandung maslahat yang jelas. Jika dalam sebuah perkataan itu maslahat untuk mengucapkan dan meninggalkannya sama, maka meninggalkannya lebih baik karena perkataan yang mubah itu bisa tersesat menjadi makruh, bahkan haram. Ini umumnya terjadi pada manusia. Bagaimanapun, keselamatan harus lebih diutamakan."

Dari Abu Hurairah r.a., bahwa Rasulullah saw. telah bersabda, "Barangsiapa yang beriman kepada Allah... dan hari akhir, maka hendaklah berkata yang baik atau diam." (HR. Bukhari dan Muslim)

Siapa saja yang ingin menelusuri jalan kebahagiaan dan kesuksesaan, maka hendaklah menjaga lidahnya!
Siapa saja yang ingin sukses dalam hidupnya, maka hendaklah ia menjadikan lidahnya sebagai ukuran, dan berkata-katalah yang baik!
Bagi pemula, mungkin ini terasa sulit di awal, akan tetapi dengan usaha yang keras, kesadaran tinggi, serta rasa takut akan akibatnya, maka ia akan berhasil mendapatkan apa yang ia inginkan.

"Biasakan lidahmu berkata baik, maka engkau akan beruntung. Sungguh, lidah itu akan terbiasa dengan apa yang engkau biasakan." Smoga bermanfaat :)

 

 

-> Rosilawati Febten <-

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :