MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Studi Tentang Interaksi Etnik Arab dan Madura di Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya

diposting oleh alhada-fisip11 pada 26 March 2013
di Penelitian - 0 komentar

 

 

LAPORAN PENELITIAN SOSIOLOGI PERKOTAAN

SEGREGASI

( Studi tentang interaksi etnik arab dan madura di ampel, kelurahan ampel, kecamatan semampir)


 

ABSTRAK

..........  Sosiologi Perkotaan adalah mata kuliah yang ditempuh mahasiswa program studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga Surabaya. Tujuannya memperkenalkan proses identifikasi terhadap realitas suatu masalah yang ada pada masyarakat kota. Untuk memperdalam proses pembelajaran tersebut dilakukan penelitian yang merupakan alat untuk menelaah informasi yang berasal dari sumber primer atau lapangan. Lokasi penelitian adalah daerah pemukiman etnis arab dan madura di perkotaan dengan subyeknya masyarakat etnik dari arab dan madura migran non permanen, ini disebabkan asumsi bahwa pola interaksi sosial pada masyarakat yang bertempat tinggal dalam wilayah etnik arab dan madura.  Seiring dengan perkembangan jaman, telah terjadi perubahan dalam pola interaksi masyarakat yang tinggal di wilayah perkampungan etnik arab dan madura. Semula masyarakat perkampungan memiliki pola interaksi yang sangat dekat satu sama lain, namun kini pola interaksi masyarakat perkampungan etnik arab dan madura  mengalami perubahan menjadi lebih individualis. interaksi dari masyarakat etnis arab dan madura kota cenderung individualis. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 6-19 Juni 2011 di kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

            Sebagai pendamping penelitian ada sebuah teori segregasi dan urbanisasi yang digunakan sebagai rujukan dalam penelitian ini, struktur wilayah kota dapat dijelaskan dengan 3 variable pokok , yang terdiri atas ciri-ciri yang berlainan. Ketiga variable ini adalah status sosial, segregasi etnik, dan budaya kota (Evers,1986:5). Penelitian Evers yang dilakukan dibeberapa kota di asia seperti indonesia dan malaysia menunjukkan penjelasan-penjelasan tentang segregasi etnik dlm perspektif ekologis (Evers,1986). Selain itu juga P. J. M. Nas (1979:42). P. J. M. Nas berpendapat bahwa urbanisasi adalah proses yang digerakkan oleh perubahan-perubahan struktural dalam masyarakat sehingga daerah-daerah yang dulu merupakan daerah pedesaan dengan struktur mata pencaharian yang agraris maupun sifat kehidupan masyarakatnya lambat laun atau melalui proses yang mendadak memperoleh sifat kehidupan kota. Konsep urbanisasi mencakup pertumbuhan suatu pemukiman menjadi kota (desa menjadi kota), perpindahan penduduk ke kota (dalam berbagai bentuk seperti migrasi mutlak, ulak-alik). Kebanyakan yang sering dijumpai di kota–kota besar seperti Surabaya, para pendatang bermukim di suatu daerah yang sama-sama dihuni oleh para pendatang lainnya yang lebih dulu bermukim ditempat tersebut, padat penduduk namun di sana terbentuk suatu kelembagaan rukun warga maupun rukun tetangga.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara dengan wawancara mendalam untuk mendukung metode kualitatif, dimana data yang dihasilkan akan dikumpulkan untuk dianalisis. Data yang telah dianalisis kemudian ditarik kesimpulan, bagaimana interaksi masyarakat etnis arab dan madura di kelurahan Ampel termasuk tipe masyarakat yang memiliki interaksi sosial yang baik, selain itu juga termasuk tipe masyarakat yang kehidupannya bisa membaur satu sama lain juga.


Jika teman-teman berminat membaca laporan hasil penelitian secara penuh, silahkan klik pada masing-masing bab di bawah ini:

 

  1. Halaman Awal (Sampul, Kata Pengantar, Pernyataan Tidak Plagiat, Abstrak, dan Daftar Isi)
  2. BAB I (Pendahuluan)
  3. BAB II (Perspektif Teoritis dan Kajian Pustaka)
  4. BAB III (Metode Penelitian)
  5. BAB IV (Setting Penelitian)
  6. BAB V (Temuan Penelitian)
  7. BAB VI (Analisis Data)
  8. BAB VII (Penutup)
  9. Daftar Pustaka dan Lampiran

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :