MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Ancaman Meninggalkan Sholat Jum'at

diposting oleh alhada-fisip11 pada 22 March 2013
di Islamiah - 0 komentar

 

 

Assalamualaikum wr.wb.
Seorang laki2 muslim yg telah memenuhi syarat wajibnya sholat Jumat, jika ia meninggalkan sholat Jumat dengan sengaja tanpa ada alasan yg dibenarkan Syari’at maka ia terkena beberapa ancaman keras dari Nabi saw, diantaranya:

  1. Allah swt akan mengunci mati hati mereka dari memperoleh hidayah n kebaikan, serta ia tergolong dalam barisan orang-orang yang lalai.
  2. Nabi saw bertekad kuat untuk membakar rumah orang yang meninggalkan sholat Jumat dengan sengaja tanpa alasan syar'i.
  3. Orang yang tidak sholat Jumat akan dicatat Allah swt dalam golongan orang munafik.

 

Diantara hadits-hadits shohih yang menunjukkan ancaman tersebut adalah sebagai berikut:

  • (*) Rasulullah saw bersabda:"Sungguh hendaknya orang-orang itu berhenti dari meninggalkan shalat Jum’at atau (kalau tidak maka) Allah swt akan mengunci hati-hati mereka kemudian mereka akan menjadi orang-orang yang lalai. (HR. Muslim)
  • (*) Dan Nabi saw bersabda pula:"Sunguh saya bertekad untuk memerintahkan seseorang mengimami shalat bagi manusia, kemudian saya bakar rumah orang-orang yang meninggalkan (shalat) Jum’at." (HR. Muslim)
  • (*) Dan Nabi saw bersabda pula: "Barangsiapa meninggalkan shalat Jum’at sebanyak tiga kali karena meremehkannya, maka Allah akan mengunci hatinya." (HR. Abu Dawud; At Tirmidzi; An Nasa’I dan Ibnu Majahdan Ahmad dari Abul Ja’d Adh-Dhamari ra.Lihat Shahih Al-Jami’ Ash-Shaghir)
  • (*) Dan beliau bersabda pula: "Barangsiapa meninggalkan tiga kali shalat Jum’at tanpa udzur, maka dia tercatat sebagai golongan orang-orang munafik." (HR. Ath-Thabarani dalam Al-Mu’jam Al-Kabir I/170, dari Usamah bin Zaid ra. Lihat Shahih Al-Jami’ Ash-Shaghir).


Demikian beberapa ancaman keras bagi setiap muslim yang meninggalkan sholat Jumat dengan sengaja tanpa alasan yang dibenarkan syariat. Semoga menjadi peringatan dan tambahan ilmu yg bermanfaat bagi kita semua.

 


-> Ustadz Muhammad Wasitho <-

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :