MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Pedoman Penggunaan Metode Penelitian Kualitatif

diposting oleh alhada-fisip11 pada 17 March 2013
di Pengetahuan Akademik - 0 komentar

 

 

                Penerapan sebuah metode penelitian sangatlah tergantung dari research question yang telah ditentukan. Dengan kata lain, tak semua hal yang akan diteliti dapat terungkap dengan menerapkan metode penelitian kualitatif. Sebaliknya, untuk mengungkap suatu fenomena sosial tertentu mutlak harus menggunakan metode penelitian kualitatif. Berkaitan dengan itu, ada beberapa pedoman yang dapat digunakan untuk menentukan apakah pendekatan kualitatif memang sesuai untuk diterapkan dalam suatu penelitian (Taylor dan Bogdan, 1984; Marshall dan Rossman, 1989; Silverman, 1993) sebagai berikut:

 

  1. Pendekatan kualitatif sangat sesuai untuk diterapkan bila penelitian itu bertujuan untuk memahami makna yang mendasari tingkah laku manusia. Sebaliknya, pendekatan kualitatif kurang sesuai untuk diterapkan apabila penelitian itu bertujuan untuk mengetahui tingkah laku yang dapat diamati.
  2. Pendekatan kualitatif sesuai diterapkan bila penelitian itu ingin mendeskripsikan latar dan interaksi yang kompleks dari partisipan. Dipihak lain, pendekatan kualitatif kurang sesuai diterapkan bila penelitian itu dimaksudkan untuk mencari variable yang terpenting pengaruhnya.
  3. Pendekatan kualitatif sesuai diterapkan pada penelitian yang dimaksudkan untuk melakukan penjajakan (eksplorasi), atau untuk mengidentifikasi informan baru. Sedangkan pendekatan kualitatif kurang sesuai diterapkan pada penelitian yang dimaksudkan untuk meringkas apa yang telah diketahui.
  4. Pendekatan kualitatif sesuai diterapkan pada penelitian yang bermaksud untuk memahami keadaan yang terbatas jumlahnya dengan fokus yang mendalam dan rinci. Sebaliknya, pendekatan kualitatif kurang sesuai diterapkan pada penelitian yang bermaksud untuk memahami banyak keadaan dan fokus yang luas.
  5. Pendekatan kualitatif sesuai diterapkan pada penelitian yang ingin mendeskripsikan gejala untuk melahirkan suatu teori atau hipotesis. Dipihak lain, mendeskripsikan gejala dalam latar yang terkendali untuk menguji teori atau hipotesis kurang sesuai diterapkan pada penelitian kualitatif.
  6. Pendekatan kualitatif sesuai diterapkan pada penelitian yang mempersoalkan variable-variabel menurut pandangan dan definisi partisipan. Sebaliknya, pendekatan ini kurang sesuai diterapkan untuk penelitian yang mencari jawaban mengenai variable-variabel menurut pandangan dan definisi peneliti.

 

Sebagai penutup, perlu dikemukakan di sini bahwa penelitian kualitatif sering kali dipertanyakan karena cirri-cirinya yang memang berbeda dari penelitian kuantitatif. Beberapa hal penting yang perlu dicatat adalah bahwa dalam penelitian kualitatif peneliti melaksanakan kegiatan penelitian secara objektif terhadap kenyataan subjektif dari yang diteliti. Dengan demikian, pelaksanaan penelitian itu sendiri tidaklah bersifat subjektif, tetapi tetap dilaksanakan secara objektif keilmuan. Dalam hal ini subjektivitas berlaku terhadap kenyataan yang diteliti, dalam arti kenyataan tersebut dilihat dari sudut mereka yang diteliti.

 

Penelitian kualitatif lebih mementingkan ketepatan dan kecukupan data. Penekanan dalam penelitian kualitatif ialah validitas data, yaitu kesesuaian antara apa yang dicatat sebagai data dan apa yang sebenarnya terjadi pada latar yang diteliti, bukan pada ketaatasasan di antara beberapa hasil pengamatan (reliabilitas dan replikabilitas). Akhirnya, bisa disampaikan di sini bahwa metode penelitian haruslah melayani peneliti dan bukan peneliti yang menjadi pelayan dari metode penelitian.

 

 

  • Sumber: Hendrarso, Emy Susanti. 2011. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :