MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Pengantar Metode Penelitian Kualitatif

diposting oleh alhada-fisip11 pada 12 March 2013
di Pengetahuan Akademik - 0 komentar

 

                Pada dasarnya sebuah penelitian sosial dilakukan untuk memahami berbagai hal berkaitan dengan dinamika kehidupan sosial masyarakat. Walaupun demikian, berbagai pengalaman melakukan serangkaian prosedur penelitian menunjukkan bahwa ternyata metode penelitian kuantitatif tidak dapat sepenuhnya mengungkap kehidupan sosial secara rinci dan mendalam. Metode penelitian kuantitatif ternyata tidak dapat digunakan untuk mengungkap dinamika kehidupan sosial secara utuh. Penelitian kuantitatif menjadi tidak tepat atau dirasa kurang tepat digunakan bila ingin memahami kehidupan sosial secara rinci karena alasan-alasan seperti: (1). Kehidupan sosial yang diteliti sangat kompleks, (2). Hasil penelitian tidak memuaskan karena banyak hal yang belum dapat dijelaskan oleh hasil penelitian tersebut.

                Metode penelitian sosial kuantitatif sering kali tidak bisa digunakan untuk mengungkap dan memahami kehidupan sosial yang kompleks karena kompleksitas dalam kehidupan sisial cenderung direduksi dalam bentuk variabel-variabel. Padahal dalam kenyataannya sering kali pemahaman terhadap kompleksitas itu sendiri justru merupakan sesuatu yang ingin diteliti atau menjadi bagian penting yang akan diteliti.

Metode penelitian sosial kuantitatif juga sering menghasilkan data dan informasi yang bersifat makro dan kurang terperinci. Kadang kala, setelah selesai melakukan penelitian ternyata hasil penelitian menunjukkan hal-hal yang saling bertentangan. Banyak hal dari yang diteliti belum dapat dijelaskan atau bahkan memperoleh hasil yang membingungkan karena tidak ditemui adanya suatu kecenderungan tertentu. Dalam situasi seperti ini maka metode penelitian kualitatif dapat dikatakan lebih memadahi untuk diterapkan.

                Pengertian penelitian kualitatif dapat diartikan sebagai penelitian yang menghasilkan data deskriptif mengenai kata-kata lisan maupun tertulis, dan tingkah laku yang dapat diamati dari orang-orang yang diteliti (Taylor dan Bogdan, 1984:5). Penelitian kualitatif yang berakar dari paradigma interpretatif pada awalnya muncul dari ketidakpuasan atau reaksi terhadap paradigma positivist yang menjadi akar dari penelitian kuantitatif. Ada beberapa kritik yang dilontarkan terhadap pendekatan positivist, diantaranya adalah pendekatan kuantitatif mengambil model penelitian ilmu alam untuk penelitian sosial sehingga tidak dapat digunakan untuk memahami kehidupan sosial sepenuhnya.

                Pembicaraan mengenai penelitian kualitatif tidak dapat terlepas dari pembicaraan mengenai pendekatan yang melatar belakangi penelitian kualitatif. Untuk memahami penelitian kualitatif tidaklah cukup hanya sekedar membicarakan mengenai metode/cara untuk melakukan suatu penelitian. Oleh karena itu, sebelum membicarakan mengenai penelitian kualitatif lebih jauh perlu untuk tetlebih dahulu memahami teori dan pendekatan yang melatarbelakangi metode penelitian kualitatif. Teori dan pendekatan dalam metode penelitian kualitatif tersebut IngsyaAllah akan saya bahas pada postingan besok, jadi teman-teman yang ingin mengetahui tentang penelitian kualitatif lebih jauh simak terus posting dari blog saya ini ya... Terimakasih!

 

 

  • Sumber: Hendrarso, Emy Susanti. 2011. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :