MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Strategi Petani Miskin Dalam Memenuhi Kebutuhan Subsistensi di Desa Jeblog, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar

diposting oleh alhada-fisip11 pada 23 January 2013
di Penelitian - 1 komentar

 

ABSTRAK

 

            Kuliah lapangan Sosiologi Pedesaan berjudul ” strategi petani miskin dalam memenuhi kebutuhan subsistensi di Desa Jeblog, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Propinsi Jawa Timur”, bertujuan untuk menggambarkan strategi yang dipilih dan cara pemilihan strategi  subsistensi, alasan dan kendala dalam pemilihan strategi subsistensi, serta dampak yang ditimbulkan dari pemilihan strategi terhadap pemenuhan kebutuhan subsistensi petani miskin yang ada di Desa Jeblog, dengan menggunakan teori James C. Scott tentang kebutuhan subsistensi petani dan mekanisme survival, dan teori Max. Weber tentang tindakan rasionalitas.

            Kuliah lapangan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian diskriptif, dengan menggunakan instrument kuesioner, pedoman wawancara terstruktur, pedoman indepth interview, serta pedoman observasi. Sedangkan dalam teknik pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan Purposive Sampling yaitu, teknik penentuan sampel secara sengaja ditentukan, yang memiliki kriteria sesuai dengan tujuan kuliah  lapangan.

            Hasil dari kuliah lapangan ini setelah melakukan wawancara dan observasi, dapat diambil kesimpulan bahwa strategi yang dipilih petani miskin meliputi strategi relasi/ hubungan social, strategi alternative subsistensi dan strategi mengikat sabuk lebih kencang, dari ketiga strategi tersebut mayoritas menggunakan strategi relasi social adalah dengan cara meminjam/ berhutang kepada orang lain dengan alasan karena hubungan antar masyarakat setempat sangat erat. Kendala yang dihadapi dalam pemilihan strategi karena adanya rasa sungkan, serta dampak dari penggunaan strategi terhadap pemenuhan kebutuhan subsistensi, mayoritas dari pemilihan strategi tersebut dapat memenuhi kebutuhan subsistensi gizi/ kalori, sandang, pendidikan, kesehatan dan kebutuhan mendesak.

Kata Kunci: strategi, petani miskin, kebutuhan subsistensi. 

 

.......... Rekan-rekan yang ingin membaca laporan penuh hasil penelitian kami, silahkan men-download-nya di bawah ini:

 

 

 

1 Komentar

komang sugiarta

pada : 04 March 2013


"sangat baik untuk pengembangan wawasan bagi peneliti lain"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :