MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

KARL MAX

diposting oleh alhada-fisip11 pada 19 November 2012
di Pengetahuan Akademik - 2 komentar

 

Karl Marx lahir di Trier, Prusia, 5 Mei 1818. ayahnya, seorang pengacara, menafkai keluarganya dengan relatif baik, khas kehidupan kelas menengah. Orang tuanya adalah dari pendeta yahudi (rabbi). Tetapi, karena alasan bisnis ayahnya menjadi penganut ajaran Luther ketika Karl Marx masih sangat muda. Tahun 1841 Marx menerima gelar doktor filsafat dari Universitas Berlin, Universitas yang sangat di pengaruhi oleh Hegel dan guru - guru muda penganut filsafat Hegel, tetapi berpikir Kritis. Gelar doktor Marx di dapat dari kajian filsafat yang membosankan, tetapi kajian itu mendahului berbagai gagasannya yang muncul kemudian.


       Setelah tamat ia menjadi penulis untuk sebuah koran liberal radikal dan dalam tempo 10 bulan ia menjadi editor kepala koran itu. Tetapi karena pendirian politiknya, koran itu kemudian di tutup pemerintah. Esai–esai awal yang di terbitkan dalam periode mulai mencerminkan sebuah pendirian yang membiumbing Marx sepanjang hidupnya. Esai-esai tulisan Marx itu secara bebas di taburi prinsip-prinsip demokrasi , ia menolak keabstrakat filsafat hegelian, mimpi naif komunis utopiadan gagasan aktivis yang mendesak apa yang ia anggap sebagai tindakan politik prematur. Dalam menolak gagasn aktivis ini Marx meletakkan landasan bagi gagasan hidup sendiri.


      Upaya praktis, bahkan dalam mengarahkan massa sekalipun, akan di jawab dengan meriam saat upaya itu di anggap berbah. tetapi, gagasan yang dapat mengarahkan intelektual kitadan yang menaklukkan keyakinan kita, gagasan yang dapat membekukan kita, merupakan belenggu – belenggu di mana seorang hanya bisa lepas darinya dengan mengorbankan nyawanya; gagasan-gagasan itu seperti setan sehingga orang hanya dapat mengatasinya dengna menyerah kepada Marx.

       Marx menikah pada 1843 dan tak lama kemudian ia terpaksa meninggalkan jerman untuk dapt suasana yang lebih libaral di Paris. Di Paris ia bergualat dengan gagasan Hegel dan pendukungnya, tetapi ia juga menghadapi dua kumpulan gagasan baru – sosialisme Prancis dan politik Ekonomi Inggris. Dengan cara yang unik dia menggabungkan hegelian, sosialisme dan ekonomi politik yang kemudian menentuka orientasi intelektualnya. Hal yang sangat penting pula adalah pertemuannya dengan orang yang kemudian menjadi teman seumur hidupnya, donatur dan kolabolatornyayakni Fredrich Engels (Carver, 1983) Engels anak penguasa pabrik tekstil menjadi seorang sosialis yang mengkritik kondisis kehidupan yang di hadapi kelas buruh. Banyak di antara rasa kasihan Marx kesengsaraan kelas buruh berasal dari paparannya kepada Engels dan gagasannya sendiri. Tahun 1844 Marx dan Engels mengadakan diskusi panjang di sebuah Café terkenal di Paris dan meletakkan landasan kerja untuk bersahabat seumur hidup. Mengenai diskusi itu Engels berkata ”kesepakatan lengkap kami dalam dalam semua budang teori menjadi nyata….dan perjanjian kerja sama kami mulai sejak itu”(McLellan, 1993:131) di tahun berikutnya Engels menerbitkan karya the condition Of The Working Class in England. Selama periode itu Marx menerbitkan sejumlah karya yang sangat sukar di pahami (kebenyakan belum di terbitkan semasa hidupnya) termasuk the Holy Family dan The German ideology (di tulis bersama Engels)dan ia pun menulis the economic and philosophic manuscripts 1844 yang menandakan perhatiannya terhadap bidang ekonomi main meningkat.
 
         Meski Marx dan Engels mempunya orientasi teoritis yang sama, namun ada juga beberapa perbedaan di antara mereka. Marx cenderung menjadi seorang intelektual teoritis yang kurang teratur dan sangat berorientasi kepada keluarga. Engels adalah pemikir praktis, rapi dan pengusaha teratur dan orang yang tak percaya pada lembaga keluarga. Meski mereka berbeda, Marx dan Engels menempa kerja sama yang akrab sehingga mereka berkolabirasi menulis buku dan artikel dan bekerja sama dalam organisasi radikal, dan bahka Engels membantu membiayai Marx selama sisa hidupnya sehingga memungkinkan marx mencurahklan perhatiannya pada kegiatan intelektual dan politiknya.


         Meski ada asosiasi erat antara nama Marx dan Engels, namun Engels menjelaskan bahwa ia teman junior, Marx mampu berkarya sangat baik tanpa aku. Aku tidak pernah mencapai prestasi seperti yang di capai Marx. Pemahaman Marx lebih tinggi, pengalamannya lebih jauh dan pandangannya lebih luas serta cepat ketimbang aku. Marx adlah jenius(Engels, di kutip dalam McLellan,1973;131-132)

      Banyak yang percaya bahwa Engels gagal memahami berbagai seluk beluk Marx. Setelah Marx meninggal, Engels menjadi juru bicara utama bagi teori marxian dan dalam berbagai cara menyimpangkan dan terlalu menyerderhanakannya, meski ia tetap setia terhadap perspektif politik yang ia tempa bersama Marx.Karena beberapa tulisannya telah menggangu pemerintahan prusia, pemerintah perancis (atas permohonan prusia) mengusir Marx tahun 1845 dan karenanya Marx pindah ke Brussel. Radikelismenya meninggkat dan ia menjadi anggota aktif di bidang gerakan revolusioner internasional. Ia pun bergabung dengan liga komunis dan bersama Engels diminta menulis anggaran dasar liga itu, hasilnya adalah manifestor komunis 1848, sebuah karya besar yang di tandai oleh slogan-slogan politik yang termasyur (misalnya ‘kaum buruh seluruh dunia bersatulah).

       Tahun 1849 ia pindah ke london dan, mengingat kegagalan revolusi politik tahun 1848, ia menarik diri dari aktivitas revolusioner dan beralis ke kegiatan rsiset yang lebih rinci tentang peran sistem ka[pitalis. Study ini akhirnya menghasilkan tiga jilid buku das kapital.jilid pertama di terbitkan tahun 1867; kedua jilid yang lainya di terbitkan sesudah ia meninggal. Selama riset dan menulis itu ia hidup dalam kemiskinan, membiayai hidupnya secara sederhana dari honorarium tulisannya dan bantuan dana dari Engels. Tahun 1864 Marx terlibat kembali dalam kegiatan politik, bergabung dengan ‘The Internasional’, sebuah gerakan buruh internasio nal. Ia segera menonjol dalam gerakan itu dan mencurahkan perhatian selama beberapa tahun untuk gerakan itu. Ia mulai mendapat popularitas, baik sebagai pimpinan internasional maupun sebagai penulis des kapital. Perpecahan gerakan internasional tahun 1876, kegagalan dari berbagai gerakan revolusioner dan penyakit – penyakit, akhirnya membuat Marx ambruk. Istrinya wafat tahun 1881 dan anak perempuannya tahun 1882 dan Marx sendiri wafat di tahun 1883.

Teori dan gagasan

        Karya Karl max dapat di tafsirkan dalam berbagai cara yang berbeda, yang meliputi kritik romantik awal dalam Paris Manuscript, Marx sang filsuf, antropologi historis dalam The Germany Ideology, sejarah kritis dalam Eighteenth Brumaire atau the Civil War in France pemaparan ide-ide pribadi yang cerdas dalam Grundrisse, ekonomi kitis yang lebih mutakhir dalam Capital, Marx sang ekonom dll. Salah satu cara untuk dapat memperoleh wawasan yang utuh atas pemikiran marx adalah dengan membaca proyeknya sebagai suatu yang tercangkup dalam tema tunggal, yakni kritik atas ekonomi sosial. Karya teoritis Marx bermula dari kritik romantik, yang berangsur-angsur memasuki dunia ekonomi politik. Baru setelah kematiannya di tahun 1883 karyanya berpengaruh luas dalam bentuk propaganda yang sudah terpotong-potong yang kemudian dikembangkan oleh Soviet. 

Paris Manuscript

      Persoalan tentang hubungan Marx muda dan yang telah matang merupakan sebab utama Renaissance dalam diskusi tentang Marx yang berkembang sejak tahun 1960 sampai sekarang dan terus berlanjut. Masalah fundamental yang terkait disini apakah pemikiran Marx merupakan pemikiran yang berkesinambungan ataukah pergeseran kualitatif dalam karyanya. Bagaimanapun bentuk kesinambungan itu, arah yang ditempuh oleh Marx sendiri adalah berangkat dari praksis menuju struktur, dari tindakan yang menuju sistem.

 

      Dalam Paris Manuscript yang terbit dalam bahasa jerman (1960-an), adalah untuk menempatkan ekonomi politik dalam pengujiannya. Para ekonom klasik seperti Smith telah mengakui pentingnya sumbangan ekonomis buruh terhadap produksi kekayaan (wealth) atau nilai, namun mereka tidak memberikan tempat yang layak pada buruh tersebut dalam politik maupun masyarakat. Sebagian ekonom melakukan hal tersebut dengan menyelewengkan hakikat proses produksi kekayaan, seolah-olah kepemilikan mendahului kerja, padahal kepemilikan sesungguhnya hasil dari kerja kreatif atau praksis. Kaum buruh dengan demikian mengorbankan darah hidupnya untuk menciptakan modal yang bergantung pada tenaga buruh bagaikan seekor vampir. Kritik ekonomi politik tersebut membawa Marx pada kritik filsafat mengenai pembagian kerja. Arah yang ditujunya adalah kembali mempertentangkan antara perumusan pandangan atas kemanusiaan sebagai satu keutuhan sebelum adanya industrialisme yang tidak mengenal alienasi denagn kondisi yang terpecah-pecah dan kalah dalam kapitalisme. Arah yang tersembunyi dalam argumen tersebut adala perlunya pembebasan kemanusiaan atau poletarian. Dengan pembebasan tersebut Marx membayangkan adanya pergantian kepemilikan pribadi (modal) serta ditegakkannya kembali integritas kemanusiaan secara serentak. Dan ia pun menempatkan status utama kepada kaum buruh sebagai agen pembebas yang menderita. Imaji tentan sosialisme dalam karya awal.

 

    Marx berupa suatu masyarakat yang terdiri dari kaum buruh yang cerdik. 
Dalam Germany Ideologi Marx dan Engels mulai mengangkat persoalan ideologi, dan mengkritik suatu yang ironis, mengingat pengistimewaan terhadap kaum poelitariat dalam teori mereka, pretensi kaum borjuis bahwa kepentingan mereka sendiri tak lain adalah kepentingan rakyat umum. Tahun 1848, Marx dan Engels menerbitkan karyanya yang amat terkenal dengan judul The Communist Manifesto, sebuah polemik yang brilian yang menguraikan satu dimensi utama proyek Marx: satu penilaian atas peradaban kapitalis yang sangat ambivalen, peradaban yang menjadikan segala sesuatu itu menjadi mungkin, dan serentak memenyingkirkan realisasi-diri potensi kemanusiaan. Di sinilah muncul aksioma bahwa semua sejarah adalah sejarah perjuangan kelas. Di sini Marx mengembangkan model dua kelas yang banyak ditiru oleh para sosiolog dan sejarawan belakangan ini, dan merupakan konsep sentral dalam Capital. Sejarah bukan sekedar sejarah kelas-kelas yang berjuang, sejarah modern adalah peperangan besar antara dua kelas fundamental: borjuis dan poletar.

Grundriss

    Pergeseran Marx dari tindakan menuju struktur, secara politis didorong oleh kekalahan revolusi 1848. jika tidak berubah yang jadi persoalan adalah mengapa tidak.bagaimana ia akan menjadi produksinya sendiri? Inilah yang menjadi logika esensial dalam Capital yang mana akan ambruk dan melahirkan sosialisme. Disni Marx membahas persoalan epistemologi dan metodologi. Dan ia berpendapat bahwa pengetahuan tidaklah ditemukan melainkan dikonstrksi , dan meskipun terkadang ia mengklaim setatus ilmiah untuk karyanya. Namun kenyataannya menunjukan bahwa ilmu pengetahuan kemanusiaan secara kualitatif merupakan jenis upaya yang berbeda dengan ilmu alam. Dengan begitu Marx secara implisit menyesuaikan proyeknya kembali ke proposisi Vico bahwa yang dapat diketahui manusia secara yang baik adalah sesuatu yang unik pada dirinya: sejarah manusia itu sendiri.

 

     Selanjutnya Marx mendiskusikan masalah transisi dan feodalisme, lewat sebuah uraian yang yang banyak diperdebatkan dalam science and society tahun 1950-an. Dalam Capital sebenarnya Marx kmbali ke gagasan awal bahwa sejarah merupakan suatu yang pentin, suatu proses yang penting untuk beralih dai feodalisme ke kapitalisme dan ke sosialisme. Marx bergeser menuju proposisi bahwa revolusi tekhnologilah, dan bukannya perjuangan kelas, yang mungkin bisa merealisasikan sosialisme. Perkembangan logika internal kapitalisme adalah bahwa otomatisasi akan dapat menggagalkan harapan yang bersumber dari gagasan tentang relasikelas. Agen sejarah kembali dimitoskan: aktor-aktor sejarah bukan lagi umat manusia yang penuh makna dan menderita, namun adalah kekuatan sejarah yang berupa ekonomi bahkan tekhnologi. Eknomi adalah determinan fundamental yang lantas muncul superstruktur legal dan politis serta bentuk-bentuk kesadaran sosial yang pasti.

Capital

     Puncak mitologi dan pemikiran Marx adalah Capital. Bab I, “ Komoditas”, merupakan teoritis yang paling signifikan dan paling sulit. Marx mengemukakan kritik yang sangat mengena terhadap eika kapitalis dan utilitarian. Ia merujuk pada karya Aristoteles, Politics: segala sesuatu punya alasan sendiri untuk ada, masing-masing tak dapat disepadankan. Namun kodifikasi menjadikan segala sesuatu itu dapat diukur, segala sesuatu memiliki harganya/nilainya sendiri. Masyarakat borjuis mereduksi nilai kemanusiaan menjadi nilai ekonomis. Mereka menyamakan berbagai perbedaan yang seharusnya memiliki karakteristiknya masing-masing.
Subtansi buku tersebut adalah analisis kritis atas produksi kapitalis dari segi tertentu, buku tersebut menjadi pelopor sosiologi industri modern. Di buku ini menegaskan bahwa sosialisme sebagai pembebasan yang tak terelakkan, dan perjuangan masih merupakan hal utama di antara dua kelas fundamental dan dalam konsep-konsep dikemukakan, kerja dan modal. 




Refrensi

  • www.wikipedia.com
  • Beilharz, Peter. 2002. Teori-Teori Sosial.Jogjakarta: pustaka pelajar 
  • Soekanto, Soejono. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

2 Komentar

bPIsxWvsgLtAmiEjR

pada : 15 January 2013


"saya ingin bertanya, snryeabnea pertanyaannya agak aneh sih. Kalau kita cemburu, seberapa jauhkah kita diperbolehkan untuk cemburu? Jika kita terlalu banyak mencemburui, yang terjadi adalah pasangan akan merasa sangat terkekang seolah - olah tidak memiliki dunia lain diluar keluarganya. Jika kita terlalu bebas, maka yang terjadi adalah apa yang mbak tuliskan dalam blog ini. Adakah panduannya? Kalau boleh, bagaimana tips paling baik menghadapi hal ini? Saya belum menikah, tapi penting bagi saya untuk mengetahui tentang hal ini lebih dalam =)Terima kasih banyak"


rlISOsQwgrTLn

pada : 16 January 2013


"sesuai yg sy baca dlm sebuah buku piokolsgi, ternyata cemburu berasal dari RASA TIDAK PERCAYA SENDIRI....kok bisa??ya,,,ssungguhnya saat kita cemburu pd seseorang, sbnarnya kita merasa LEBIH RENDAH...LEBIH TIDAK MAMPU DLL...dari org yg kita cemburui tsb. contoh : saat kita MENDUGA (CEMBURU) pd pasangan kita ada hub dg si A.....bhwa ssungguhnya kita merasa LEBIH TIDAK GANTENG/TIDAK CANTIK, LBH TDK MAMPU DLL dari si A tsb. Sehingga kita jd KUATIR dan merasa pd pasangan kita BAKAL TERTARIK pada si A tsb. Trim smg bermanfaat"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :