MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Sasando

diposting oleh alhada-fisip11 pada 18 November 2012
di Alat Musik Tradisional - 1 komentar

 

 

Bali miliki gamelan, Jawa Barat ada angklung, dan Sulawesi punya musik bambu. Kalau NTT tentu sasando. Alat musik petik yang berasal dari Pulau Rote ini, bisa dijadikan cendera mata unik sepulang melancong dari Negeri Matahari Terbit. Bentuk sasando mirip dengan instrumen petik lainnya seperti gitar, biola, dan kecapi. Bagian utamanya berbentuk tabung panjang yang biasa terbuat dari bambu. Bagian tengah ada tabung yang berdawai. Tabungnya diletakkan di dalam wadah berbentuk seperti penampung tuak berlekuk- lekuk yang disebut 'haik', yang terbuat dari anyaman daun lontar.

 

Ada dua jenis sasando yakni sasando gong, dan sasando biola. Keduanya biasa digunakan untuk memainkan sejumlah lagu daerah antara lain lagu yang mengiringi sejumlah wanita menarikan Tarian Taebenu. Di Rote, tarian tersebut dimainkan saat menerima tamu. Selain itu Tarian Foti yang ditarikan para pria. Dulu tarian ini dipersembahkan untuk menyambut prajurit sepulang dari medan perang. Kini Tarian Foti juga dimainkan saat menerima tamu.

 

Sasando dimainkan dengan cara petik pada dawai yang terbuat dari kawat halus dengan dua tangan dari arah berlawanan, kiri ke kanan dan kanan ke kiri. Tangan kiri memainkan melodi dan bas, sementara tangan kanan memainkan accord. Jadi seorang pemetik dapat memainkan sekaligus melodi, bas, dan accord. Susunan notasinya tak beraturan dan tidak kelihatan karena terbungkus. Namun saat dimainkan bisa menjadi harmoni yang merdu sesuai kelihaian pemetiknya

 

1 Komentar

KOcBBJZxvs

pada : 14 January 2013


"Assalamu'alaikum wrwb.Terimaksih bantahan anda yang stunan.tidak seperti usztad2 atau aktivitas2 Islam garis keras yang suka menggunakan kata kata kasar,buruk dan maki2an.Mari kita perlihatkan diskusi yang islamc,santun dan mengikuti akhlaq Rasulullah saw.1. Dalam menegakan AMAR MAKRUF NAHI MUNGKAR bukan dengan cara mengakafirkan dan melarang orang lain beribadah menurut keyakinan mereka tapi dengan cara stunan dan baik2 sebagaimana perintah ALLAH memberitahu Rasul sebagaia berikut;Tugas kamu(Muhammad) hanya menyampaikan saja. Kami lah yang menghisab perbuatan2 mereka dan QS.13:40. Jika sekiranya kamu bersikap keras,kasar,jahat budi pekerti, berhati kasar(tidak lemah lembut, tidak senyum ), niscaya larilah tamu-tamu itu dari kamu. (QS.3:159 ). (Anti kekerasan).Jika mereka tetap berpaling,maka sesungguhnya kewajiban yang dibebankan atas kamu(Muhammad) hanyalah menyampaikan (amanat ALLAH ) dgn terang Qs 16 :82.2.Anda kewatir agama Islam akan habis disebabkan oleh ajaran2 sesat.Sesungguhnya agama2 ALLAH dari Taurat , zabur, Injil dan Al quran tidak akan musnah,karena ALLAH akan menjaganya..sampai hari kiamat.3. Kalau menegakan amar makrufnahi mungkar dgn kekerasan atau melarang bahkan menindas seperti terjadi di negara2 Arab, maka akan terjadilah permusuhan dan pertentangan sesama Islam.Ada yang PRO dan KON.Maka orang2 yg benci Islam dgn mudah mengadu domba umat Islam4, Begitu pula di Iran majoritas Syiah, memperlakukan klompok2 Islam Monoritas sebagai Islam yg sesat Ulama2 Syiah yang berkuasa menindas islam Sunnai,wahabi, ahmadiyah dll.Rasul dan ALLAH tidak menginginkan sama sekali permusuhan dan peperangan sesama orang2 beriman makanya ALLAH memperingatkan dlm ayatnya bahwa;1, Yang menentukan ajaran sesat atu benar hanya HAK ALLAH.2, Semua kita akan kembali kepadaNya .3. Semua yg beriman adalah bersaudara,apalagi sebangsa setanah air,cucu2 nabi Ibrahiim4. Rasul; siapa2 yang mengkafirkan orang lain,maka dialah yang kafir.KESIMPULAN;Konflik2 yang berkepanjangan dlm masarkat Islam disebabkan klompok2 majoritas merasa berhak mengkafirkan dan melarang klompok2 minoritas karena takut bersaingan dan takut kekausaan ulama2 berkuasa di rusak baik Saudi maupun Iran.Persatuan umat Islam yg berbeda beda ini akan dapat hidup damai dan harmoni,sekiranya ulama2 yang berkuasa tidak mengakafirkan klompok2 Islam yg Minoritas. Sebagaimana masarakat Islam Amerika yg terdiri puluhan firqoh2 Islam dapat hidup DAMAI HARMONI SEJAHATERA. Masarakat Islam Amerika yang rahmatan lil'alamin .>>tiada ada penindasan sesama islam.Islam Amerika lah yang akan memperlihatkan Islam yang berkasih sayang,toleransi,damai dan sejahtera..monggooAbdullatif."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :