MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Grand Desain Dakwah Kampus

diposting oleh alhada-fisip11 pada 11 November 2012
di Islamiah - 3 komentar

 

 

Grand Desain Dakwah

(How To Sell UKMKI)


            Untuk menjual UKMKI pada kalangan mahasiswa di Universitas Airlangga desain dari UKMKI itu sendiri harus dibuat semenarik mungkin agar terlihat “Wah!!” sehingga menarik mahasiswa lain untuk bergabung atau mengikuti kegiatan-kegiatan yang bermanfaat di UKMKI. Kegiatan yang diprogramkan dalam UKMKI sebenarnya didak perlu terlalu sering, hal tersebut membuat kegiatan yang terlaksana hanya sederhana, biasa-biasa saja dan kurang menarik. Dalam kegiatan yang besar dan menarik tentu saja membutuhkan dana dan tenaga yang banyak, untuk mewujutkannya kita harus berhemat (menabung) baik tenaga maupun dana. Tenaga yang selama ini dipergunakan untuk acara-acara kecil yang sebetulnya kurang efektif, di alihkan keacara besar yang lebih efektif untuk mensyiarkan Islam, hal itu dikarenakan manusia kecenderungan mempunyai titik jenuh jika melakukan kegiatan-kigiatan yang dirasa biasa-biasa saja dan kurang menarik. Begitu juga dengan keuangan dialokasikan ke kegiatan yang besar itu.

            Misalnya, disini saya mengambil contoh sebuah kajian dengan pembicara ustad Yusuf Mansur dan hiburannya lagu-lagu Islamiah yang dibawakan oleh Wali Band. Dalam acara besar seperti ini, para mahasiswa pasti akan tertarik untuk mengikuti kajian semacam ini sehingga peserta kajian dipastikan akan sangat besar dan banyak. Dalam kajian ini, acara-acara kecil yang sebelumnya terpisah dan terlaksana sendiri-sendiri langsung bisa digabung dalam satu acara ini. Misalnya acara Display SKI FISIP UNAIR, SKI FIB UNAIR, Mosaic, dan UKMKI ditingkat fakultas lainnya, langsung digabung dalam acara ini. Caranya dengan membuka setan-setan registrasi di pintu masuk untuk mendaftar sebagai anggota UKMKI di tingkat fakultas. Kemudian acara “Welcome Party” yang sebagian besar tiap fakultas adakan untuk menyambut anggota baru, juga sekalian digabung dalam acara besar ini dengan menyisipkan perkenalan seputar UKMKI di acara ini. Hal ini lebih efektif karena yang kenal dg UKMKI tidak hanya anggota saja, melainkan mahasiswa muslim lainnya. Sehingga setelah mengenal UKMKI, mahasiswa yang sebelumnya tidak tartarik atau belum tertarik akan tertarik untuk bergabung. Dengan terlihat “Wah!!” seperti ini, dipastikan anggota yang mendaftar akan semakin besar dibandingkan dengan acara display biasa.

            Selain acara display dan welcome party, acara lain yang dapat digelar yaitu acara bakti sosial, peserta yang hadir dalam acara ini dipersilahkan untuk menymbangkan uangnya untuk bakti sosial. Uang yang akan terkumpul dipastikan juga akan sangat banyak, hal tersebut dikarenakan keutamaan dan kehebatan dari bersedekah baru saja disampaikan oleh ustadz Yusuf Mansur, sehingga mereka sedang hangat-hangatnya merasa ingin bersedekah akibat kajian yang barusaja disampaikan. 

            Acara lain yang dapat digabung dengan acara ini yaitu acara dzikir bersama, acara dzikir yang bisa menggetarkan hati dan membuat orang yang mengikutinya menagis  sehingga akan menyadarkan diri para peserta, dan harapannya akan menjadi orang yang lebih bertakwa setelah mengikuti acara ini. Menurut saya, ustazd yang cocok untuk memimpin acara dzikir ini adalah ustadz Arifin Ilham, sehingga selain mengundang ustadz Yusuf Mansur, kita juga mengundang ustadz Arifin Ilham.

            Selain itu, acara lain yang dapat digabung dengan acara ini yaitu acara Grand Opening Pelatihan Baca Al-Qur’an (GO PBA), dengan memberikan materi keutaman membaca Al-Qur’an bagi kaum muslim/muslimah. Sehingga keutamaan membaca, mempelajari dan mengkaji Al-Qur’an tersebut bisa disampaikan oleh ustadz Yusuf Mansur dan juga ustadz Arifin Ilham. Untuk meningkatkan gairah dan getaran hati dalam membaca Al-Qur’an, dalam acara ini kita juga mengundang seorang Qori’ (orang yang ahli dalam membaca Al-Qur’an dengan dilagukan) yang sudah kondang. Misalnya juara 1 MTQ anak tingkat Surabaya-Sidoarjo (Ahmad Saifuddin Halim) yang juga telah mendapatkan juara 3 di tingkat jawa timur. Harapannya, dengan bacaan Al-Qur’an yang dibacakan oleh seorang anak kecil, mereka akan tercengang, mendengarkan, dan bergetar hatinya, karena jika yang membaca Al-Qur’an orang biasa-biasa saja, dan kurang “Wah!” kebanyakan mereka kurang bisa menjadi pendengar yang baik.

            Kemudian, acara lain yang dapat di masukkan dalam acara ini yaitu acara meteri mengenai kepemimpinan islam, kewajiban berdakwah, menjadi mahasiswa muslim yang baik, dan sebagainya. Untuk itu, selain ke-2 pemateri tadi, diperlukan pemateri lain yang ahli di bidangnya, kalau ada dan bisa pematerinya dari kampus UNAIR sendiri untuk mengurangi pengeluaran biaya. Sebenarnya masih banyak acara-acara kecil UKMKI tingkat fakultas maupun universitas yang dapat dimasukkan dalam acara besar ini.

            Karena acara ini dilakukan sehari penuh (dari pagi hingga menjelang sore), maka acara harus dibuat semenarik mungkin dengan menghadirkan pemateri yang handal, hebat, bersemangat, dan tidak membuat ngantuk. Kemudian peserta yang mengikuti acara ini di iming-imingi SKP dan absennya 2 kali yaitu ketika masuk dan pulang, untuk menghindari kaburnya para peserta. Agar acara menarik diberikan game berhadiah dan juga yel-yel seru. Tampilnya Wali Band juga ditaruh di akhir-akhir acara agar mereka tetap bertahan mengikuti acara ini.

            Dengan adanya acara ini, dipastikan memerlukan biaya dan tenaga yang tidak sedikit. Untuk itu, anggaran-anggaran dana untuk acara-acara kecil baik tingkat fakultas maupun universitas yang dapat digabung dengan acara ini, maka dananyadialokasikan saja untuk acara besar seperti ini. Kemudian syuro’ untuk membahas acara semacam ini pastinya dilakukan berkali-kali, sehingga dalam acara syuro’ tersebut kajian-kajian rutin seperti membaca Al-Qur’an bersama, pengajian bersama, dan sebagainya dapat disisipkan dalam syuro’ ini. Selain itu, dalam acara ini syuro’ pastinya akan dilakukan baik dalam tingkat fakultas maupun univesrsitas, hal tersebut dapat menambah ukhuwah islamiah sehingga kita bisa saling mengenal anggota UKMKI baik dalam satu fakultas maupun dari fakultas lain, dan diskusi-diskusi apapun bisa sekalian disisipkan dalam syuro’ ini.

            Inilah grand desain how to sell UKMKI di UNAIR yang dapat saya berikan, semoga bisa terrealisasikan dengan baik dan sesuai dengan harapan serta tujuan yang kita inginkan, sehinga dapat bermanfaat bagi kita semua.


3 Komentar

M Thomi

pada : 11 November 2012


"Wah super sekali dek, teruskan karyamu . . ."


ozRlMOwLudSS

pada : 16 January 2013


"Walinkg in the presence of giants here. Cool thinking all around!"


dgdTaUIt

pada : 16 January 2013


"Which came first, the problem or the solution? Luckliy it doesn't matter."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :