MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Laporan Hasil Penelitian Tipologi Sosial Masyarakat Desa Panglungan Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur

diposting oleh alhada-fisip11 pada 08 November 2012
di Penelitian - 1 komentar

 

ABSTRAKSI

            Tipologi sosial merupakan salah satu mata kuliah wajib diikuti oleh mahasiswa program studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga Surabaya. Tujuannya agar mahasiswa mampu mempraktikkan berbagai teknik penelitian yang sebelumnya telah diajarkan dalam perkuliahan dan tinjauan teoritik yang ada. Mahasiswa diajak untuk memperdalam kepekaannya terhadap lingkungan sekitarnya dengan meneliti sebuah masyarakat yang cukup kompleks dan dapat mengidentifikasi tipe-tipe masyarakat.

            Penelitian tersebut dipusatkan dan dilokasikan pada masyarakat pedesaan dikarenakan asumsi bahwa masyarakat desa cenderung lebih statis dan tidak terlalu menunjukan perubahan-perubahan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini dilaksanakan pada tangga 24-27 Mei 2012 di desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur.

            Dalam penelitian ini dipakai empat teori klasik dasar yang digunakan sebagai landasan teoritik dan pedoman utama dalam menginterpretasikan data yang telah didapat. Keempat teori tersebut adalah Teori Ikatan Sosial Emile Durkheim dan Ferdinand Tonnies, Teori Tindakan Sosial Max Weber, serta Teori Interaksi Sosial menurut Robert K. Merton.

            Metode yang digunakan ialah metode kuantitatif dan semi - kualitatif. Dalam metode kuantitatif, teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang terstruktur sesuai dengan prosedur yang ada dalam metode kualitatif. Akan tetapi, untuk lebih memperdalam teknik pengumpulan data dalam penelitian ini juga digunakan teknik indepth interview.

            Akhirnya, dari data yang telah ada maka data tersebut dapat diamati dan dianalisis guna mengambil kesimpulan sehingga mampu menjawab pertanyaan penelitian. Apakah nantinya masyarakat yang ada menunjukan tipe masyarakat baik dari pola interaksi, jenis solidaritas, maupun berbagai spesifikasi lainnya.

 

Download Laporan Penelitian Penuh:

1. Halaman Awal

2. BAB I (Pendahuluan)

3. BAB II (Gambaran Umum Lokasi Penelitian)

4. BAB III (Temuan Data)

5. BAB IV (Interpretasi Teoritik)

6. BAB V (Penutup), dan Daftar Pustaka

7. Lampiran-lampiran (Kuisioner, Foto Pendukung, Indepth Interview)

8. Proposal Penelitian


 


1 Komentar

nurrochman

pada : 25 February 2013


"trimakasih......"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :