MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Indepth Interview Kepada Seorang Ketua Karang Taruna

diposting oleh alhada-fisip11 pada 18 July 2012
di Penelitian - 1 komentar

           Banyaknya aktivitas pekerjaan dan aktivitas perkumpulan di Indonesia sangatlah banyak organisasi organisasi intra masyarakat desa sampai ke kota, beragam warna dan nama sekelas desa/kampung karang taruna organisasi kepemudaan sampai di partai partai  pada saat ini saya di desa Panglungan, wonosalam Jombang Jawa timur. Indonesia. Melakukan kuliah lapangan tipologi social fakultas ilmu social dan politik prodi sociologi universitas airlangga Surabaya. Pada tanggal 24 sampai 27 mei 2012.

            Disini saya melakukan wawancara mendalam pada tanggal 26 mei 2012 pada jam 8.00 pagi waktu jam tangan digitec army saya. Didesa panglungan wonosalam jombang ini sangat dingin diwaktu pagi hari karena saya berada di ketinggian 800mdpl sampai 1000mdpl (meters dari permukaan laut) berjarak sekitar 2jam dari kota Surabaya mungkin kalau dari jombang sekitar 1jam setegahan kalau tidak nyasar, di desa panglungan ini saya bertanya kepada seorang yang lewat naik motor dengan membawa tebon, pak maaf disini rumah ketua karang tarunanya mana? Owh iswayudi ta iku mas rumahnya sampean iki belok kiri terus ada jembata kecil nah sebelahnya omahe ngarep e bengkel, owh njeh pak terimakasih. Bergegas saya mencari rumah itu, bertanya lagi ke bengkel mas itu rumahnya mas iswayudi ya..? oh iya, mas iku wong e enek mas!! Suwun mas yo..

            Saya langsung mengucap salam “Assalamualaikum” walaikum salam masnya dari mana owh saya dari sosiologi unair mas enten kuliah lapangan tipologi social. Owh ada apa saya ada tugas wawancara sama ketua karang tarunanya panglungan mas. Owh iya saya mas “sebentar saya mau jemur cengkeh dulu ya mumpung panas. Iya mas gak apa2 kok silahkan. Setelah menunggu sekian menit saya dipersilahkan masuk kedalam dan saya berkenalan dengan dia yang mempunyai nama iswayudi,

            Mas iswayudi menjabat sebagai ketua karang taruna setengah tahun ini dan akan berahkir diakhir tahun depan mas iswayudi menambahkan bahwa dia dulu berawal dari anggota saja tetapi dia aktiv didalam organisasi selama ada acara maupun tidak. Dia banyak memberi inspirasi kegiatan kepada perangkat desa setempat karena itu dia dikandidatkan sebagai tokoh kepemudaan atau karang taruna berbagai acara pernah dia pimpin baik gotong royong pembagunan jalan desa maupun kegiatan yang bersifat agamis,.

            Mas iswayudi diumurnya yang ke 25tahun dia sudah memiliki istri yang bernama alliya 22tahun dibawahnya berkenalan pada saat bimbingan pondok pesantren ditebu ireng jombang disatuhkan dibulan februari 2008 dikaruniai seorang anak bernama suyono bakri yang sekarang bersekolah di taman kanak – kanakdidesa panglungan wonosalam jombang.

            Mas iswayudi bekerja sebagai pemetik cengkeh dan penjaga kandang aya yang berpenghasilan seharinya 30 ribu rupiah dan sebulan sekitar 900 ribu rupiah dia merasa berat ketika harus membagi penghasilanya tersebut kepada keluarga karena dia tinggal bersama orang tuanya dirumah bekerja sambil mengurus rumah tangga dan kadang 2 harus membagi waktu antara organisasi bukanlah rintangan namun itu diangapnya sebagai anugrah yang diberikan kepada tuhan atas dirinya.

            Pada saat wawancara saya dirumahnya disuguhi banyak sekali makan dan minum diantaranya kopi dan itu saya diajak makan rawon buatan istrinya enak, wawancara saya diseling waktu istirahat dulu karena mas iswayudi harus mengantarkan anaknya belajar al-quran di masjid disebelah kantor desa yang kami tempati untuk posko sementara di kuliah lapngan tipologi sosial ini.

            Setiap harinya mas iswahyudi haru meningalkan istri dan anaknya untuk bekerja di ladang untuk menjaga cengkeh milik bosnya dan kalo malam dia menjaga kandang ayam yang juga milik bosnya hanya diwaktu sabtu minggu saja waktunya lebih banyak dihabiskan kekeluarganya kadang juga dia bersama keluarga berlibur ke malang itupun sangat jarang sekali karena harus menunggu masa panen dan liburan anaknya saja mereka berlibur. Kembali ke pokok pertanyaan saya mas yudi akrab pangilnya didesa, saat tujuh belasan dikampungnya dia menerangkan bahwa susunan acaranya itu mulai dari bersih desa lalu tasyakuran dan ada lomba-lomba desa yaitu motor cross yang disebut gastrack disitu yang ditujukan kepada anak – anak muda desa yang hobi ngetrack diladang lucu memang tapi itu lah acaranya, ada juga acara yang bersifat agamis yaitu membaca al quran dan adzan untuk anak – anak kecil didesa,..

            Mas iswayudi menambahkan bahwa dia juga pernah ikut pelatihan yang diadakan oleh pemerintahan kota jombang waktu itu dia di latih dan diberi komputer untuk kegiatan desa tetapi dijualnya untuk membayar proses kelahiran bayinya dan untuk acara selametan, apa daya mungkin karena kurangnya gaji dari pekerjaan yang serabutan atau non kepegawaian dia harus bertahan hidup untuk memenuhi kebutuhan, mas iswayudi lulusan SMA sederajat pondok pesantren pun tau bahwa sangat perlu komputer itu untuk menunjang kualitas hidupnya tetapi lebih penting adalah keluarganya.

            Kemudian setelah wawancara saya berpamitan untuk pulang dan tidak lupa berterima kasih telah memberikan waktunya kepada saya. Itulah hasil indepth interview saya terhadap seorang ketuan karang taruna. Semoga bermanfaat, terima kasih

1 Komentar

tDNAXNFmVuquAXrB

pada : 09 August 2012


"Om Ron thanx bwt artikel2nyaoh y Om saya pnegen cerita y setengahnya curhat sama sang pakar saat ini gw dah menjalin hubunga 1 thn lebih yg gw jalani saat ini adl hub. jarak jauh (LDR)..hub. kita c smpe skrng baik2 saja tapi kali ini ada seseorang yg muncul n tiba2 bilang sm cewe' gw klo dia pngen nikah sm cewe' gw dan pngen seriusan sm cew gw gila g' om? emang c dia lebih mapan dr gw soal materi dia dah ad..n itu jd kekhawatiran trsndr bwt gw..sbnrx c cow tu br ktmu cew gw 2 kali..itu pun bkn ktmuan bwt jalan tp ktemu ktka cew gw interview pekerjaan n cow tu yg interview cew gw ju2r gw mulai merasakan kegelisahan krna gw ngrasa cow tu dah selangkah lbh maju dr gw..dari segi materi dia dh punya segalanya yg jlas dia lbh mapan dr gw..y gw jg dah pnya niat serius ma dia rencana setelah lebaran ni gw mw tunangan tp gw msh ad kekhawatiran Nah yg pngen gw tnyain gmn ni solusi bwt ngilangin rasa kekhawatiran gw n ngebuat cew gw tu g berpaling ma gw? Tolong Om..gw mnta solusinya "


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :