MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Indepth Interview Kepada Seorang Pegawai Swasta

diposting oleh alhada-fisip11 pada 18 July 2012
di Penelitian - 2 komentar

          Wawancara mendalam dilakukan pada hari Sabtu tanggal 26 Mei 2012. Pagi hari saya menghampiri kediaman seorang wanita yang merupakan pegawai swasta terpandang di desa panglungan sekitar pukul 9.00. Kediaman beliau sangat sederhana, namun dijadikan satu dengan bengkel milik suaminya. Sekitar 2 meter dari rumah beliau merupakan masjid desa panglungan yang berdekatan juga dengan MI Faser dan Madrasah Aliyah.

          Seorang pegawai swasta yang bernama Endang Triarini begitu ramah ketika saya datang ke kediamannya. Beliau menyambut dengan hangat dan mempersilahkan saya untuk masuk ke dalam rumahnya sebelum saya mengutarakan maksud kedatangan saya pagi itu. Beliau merupakan wanita muslim yang sangat ramah dan berpendidikan,berperawakan cukup tinggi dan cantik. Ibu Endang telah memulai usahanya sebagai guru swasta sejak tahun 1972. Beliau lahir di Kabupaten Jombang pada tanggal 11 September 1957.  Alamat tempat tingalnya secara lengkap terletak pada RT 1 RW 1 Dusun Panglungan. Jarak tempat tinggalnya dari balai desa panglungan hanya sekitar 100 meter. Beliau memiliki 4 orang anak kandung yang semuanya sudah bekerja. Beliau memiliki 3 orang cucu yang salah satunya ikut tinggal dirumah sederhananya.

            Pada tahun 1973 beliau mulai mendirikan sebuah Taman Kanak-kanak (TK) di dusun panglungan tersebut, kemudian usahanya diteruskan dengan mendirikan sebuah Madrasah Tsanawiyah (MTs) pada tahun 1977. Tahun 1980 mendirikan Tsanawiyah IbtidaiyahBeliau juga merangkap sebagai guru pada MTs tersebut. Namun usahanya mendirikan beberapa sekolah belum mendapatkan respon yang baik dari para penduduk sekitar. Akhirnya beliau memutuskan untuk mendirikan Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 1984 di kabupaten Jombang tepatnya mengingat tidak meningkatnya ketertarikan penduduk sekitar dusun untuk bersekolah pada jenjang itu.

            Tahun 1989 Ibu Endang mendirikan Madrasah Aliyah Negeri dan sekaligus ikut mengajar. Mengutamakan pendidikan di wilayah Wonosalam merupakan keinginan yang sangat ingin dicapai, ungkap Ibu Endang.

            Di kecamatan wonosalam merupakan tempat peninggalan jajahan belanda. Jadi pada waktu itu pendidikan belum mendapat respon yang tinggi dari para pendududk. Diutamakan sekolah dasar, dapat dikatakan suasana di wonosalam pada saat itu guru yang mencari muridnya, bukan murid yang berlomba-lomba mendaftarkan diri di sekolah seperti layaknya di kota. Di kecamatan wonosalam juga, agama mulai perkembang beriringan bersamaan dengan perkembangan pendidikan. Pada awal bu endang mengajar, murid yang dimiliki atau di ajar hanya berjumlah 8 orang saja. Kemudian beliaudipertemukan dengan suaminya yang bekerja pada departemen agama, lalu keduanya saling mendukung untuk membangun sekolah yang berlandas pendidikan beragama islam.

            Dahulunya beliau sekolah pada sekolah rakyat yang bercampur dengan sekian banyak murid yang ingin bersekolah. Kemudian melanjutkan SMP pada sekolah kristen di mojowarno karena sekolah tersebut yang paling dekat jaraknya dengan kediaman orangtua ibu endang. Kemudian meneruskan sekolah pada SMPP di Jombang. Ayahanda dari ibu endang merupakan anggota dari partai golkar yang pada saat itu sangat memperjuangkan keinginan ibu endang untuk membangun sekolah.

            Hambatan untuk membangun sekolah sangat banyak dirasakan oleh ibu endang karena pada saat itu juga masih banyak beredar kabar mengenai teroris. Jadi membangun sekolah yang berlandasan agama islam, sempat dibicarakan sebagai salah satu dari komunitas teroris. 4 sampai 5 tahun kemudian baru masyarakat mulai menghargai adanya sekolah di kecamatan wonosalam ini. Kemudian sampai saat ini semua SD sudah di Negeri-kan dan lainnya masih tetap berstatus swasta.

            Suka duka dalam memperjuangkan pendidikan di kecamatan wonosalam tentu saja ada, bahkan hingga sampai saat ini masih dirasakan. Jumlah murid yang dimiliki naik dan turun, ada kalanya sangat banyak namun juga ada kalanya hanya 8 orang. Beliau juga memiliki lahan pertanian di belakang kediamannya dan sebagian tanah di desa panglungan. Dibelakang rumah ditanami dengan sayur-sayuran, sedangkan tanahnya yang terdapat pada lokasi lain rata-rata dipergunakan sebagai perkebunan. Terdapat tanaman cengkeh, durian, kopi, dan masih banyak lagi. Beliau mempergunakan sistem bagi hasil dengan petani penggarap. Hanya sesekali saja memeriksa keadaan di perkebunannya tersebut karena sebagian besar waktunya dipergunakan untuk memantau perkembangan pendidikan pada sekolah-sekolah di desa panglungan. Pendapatan dari perkebunan yang dimiliki beliau dari tanaman cengkeh saja per tahunnya bisa mencapai 50 juta karena lahan yang ditanami tanaman cengkeh saja terdapat 4 hektar. Saat ini beliau hanya pegawai pensiunan dan hanya menggantikan guru pengajar pada sekolah tersebut yang tidak dapat hadir untuk mengajar. Beliau juga mengatakan bahwa sampai saat ini, dana yang diperoleh beliau dari hasilnya mengajar sekolah itu tidak pernah masuk ke dalam kas pribadinya. Keseluruhan dikembalikan untuk proses belajar mengajar pada sekolah-sekolah tersebut.

            Kemudian setelah wawancara saya berpamitan untuk pulang dan tidak lupa berterima kasih telah memberikan waktunya kepada saya. Itulah hasil indepth interview saya terhadap seorang pegawai swasta. Semoga bermanfaat, terima kasih.

2 Komentar

qnECNTIeRezUDUBfLwt

pada : 07 August 2012


"congrats apai. selamat mnumupeh hidup sebagai abah & mami utk Mrs B. Aisy tu maksud dia kemakmuran hidup, Laiqah tu, apa maksud dia ek?"


aHxzGdJXxuni

pada : 09 August 2012


"Semoga matahari pagi akan sellau hidup!!!Rupanya lagu over the rainbow bagus juga ya kak. Q jadi inget film yang judulnya "Sweeney Todd", bagus banget. Musik instrumental smbil nyanyi ala nada gitu, sipp dah."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :