MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Modernisasi

diposting oleh alhada-fisip11 pada 21 April 2012
di Makalah - 3 komentar

 

KATA PENGANTAR


            Puji syukur kami panjatkan pada kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan tugas makalah sosiologi yang berjudul “MODERNISASI” tepat pada waktunya.

 Kami menyadari bahwa makalah yang kami selesaikan ini masih jauh dari kesempurnaan. Seperti halnya pepatah “ tak ada gading yang tak retak “, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran dari semua kalangan yang bersifat membangun guna kesempurnaan makalah kami selanjutnya.

   Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Serta kami berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi semua kalangan.

Amin

 

                                                                                               Surabaya,  10  Desember 2011

 

                                                                                                              PENYUSUN

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.   Latar Belakang 

Kemajuan ilmu pengetahuan selalu diikuti dengan kemajuan teknologi. Hal ini terbukti dengan banyaknya penemuan dalam bidang teknologi guna memenuhi kebutuhan hidup manusia dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia melibatkan Negara-negara lain. Dalam banyak proyek pengembangan ilmu pengetahuan seperti penelitian-penelitian, beasiswa, dan institusi pendidikan, Negara-negara lain banyak terlibat baik dari segi pembiayaan maupun segi pengadaan fasilitas.
Modernisasi berarti proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat yang modern. Modernisasi dapat pula berarti perubahan dari masyarakat tradisional menuju masyarakat yang modern. Jadi, modernisasi merupakan suatu proses perubahan di mana masyarakat yang sedang memperbaharui dirinya berusaha mendapatkan ciri-ciri atau karakteristik yang dimiliki masyarakat modern. Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya popular, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan mengidentifikasi terjadinya modernisasi di lingkungan sekitar terutama di lingkungan FISIP UNAIR.

 

B.   Rumusan Masalah 

-          Apa pengertian dan bentuk-bentuk modernisasi?

-          Kapan seseorag dikatakan sebagai orang modern?

-          Apa saja ciri-ciri orang modern?

-          Apa dampak dari adanya modernisasi?

-          Apa faktor penghambat dan pendorong modernisasi?

 

C.   Batasan Masalah 

-          Pengertian dan bentuk-bentuk modernisasi

-          Seseorang dikatakan sebagai orang modern

-          Ciri-ciri orang modern

-          Dampak dari adanya modernisasi

-          Faktor penghambat dan pendorong modernisasi

D.   Tujuan

-          Untuk mengetahui pengertian dan bentuk-bentuk modernisasi

-          Untuk mengetahui seseorang dikatakan sebagai orang modern

-          Untuk mengetahui ciri-ciri orang modern

-          Untuk mengetahui dampak dari adanya modernisasi

-          Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendorong modernisasi

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.   Pengertian dan Bentuk Modernisasi

Arti kata modernisasi dengan kata dasar modern berasal dari bahasa Latin modernus yang dibentuk dari kata modo dan ernus. Modo berarti cara dan ernus menunjuk pada adanya periode waktu masa kini. Modernisasi berarti proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat yang modern. Modernisasi dapat pula berarti perubahan dari masyarakat tradisional menuju masyarakat yang modern. Jadi, modernisasi merupakan suatu proses perubahan di mana masyarakat yang sedang memperbaharui dirinya berusaha mendapatkan ciri-ciri atau karakteristik yang dimiliki masyarakat modern.

Syarat Modernisasi

                        Soerjono Soekanto mengemukakan bahwa sebuah modernisasi memiliki syarat-syarat tertentu, yaitu sebagai berikut :

  • Cara berpikir yang ilmiah yang berlembaga dalam kelas penguasa ataupun masyarakat.
  • Sistem administrasi negara yang baik, yang benar-benar mewujudkan birokrasi.
  • Adanya sistem pengumpulan data yang baik dan teratur yang terpusat pada suatu lembaga atau badan tertentu.
  • Penciptaan iklim yang menyenangkan dan masyarakat terhadap modernisasi dengan cara penggunaan alat-alat komunikasi massa.
  • Tingkat organisasi yang tinggi yang di satu pihak berarti disiplin, sedangkan di lain pihak berarti pengurangan kemerdekaan.
  • Sentralisasi wewenang dalam pelaksanaan perencanaan sosial.

Bentuk modernisasi yang kami identifikasi yaitu pada penggunaan alat-alat elektronik modern di kampus FISIP UNAIR. Contoh konkret dari penggunaan alat-alat tersebut :

  1. Penggunaan laptop oleh sebagian besar mahasiswa di FISIP UNAIR. Sebelum ada laptop , mahasiswa hanya menggunakan buku dan alat tulis manual untuk kegiatan belajar. Namun, saat ini dengan adanya modernisasi, penggunaan laptop tersebut sangat mendukung kegiatan belajar mahasiswa yang semakin cepat dan efisien.
  2. Penggunaan WiFi di FISIP UNAIR sebagai fasilitas jaringan internet untuk mendukung browsing di laptop. Sebelumnya, pencarian informasi di FISIP UNAIR hanya menggunakan referensi manual berupa buku. Namun, saat ini mahasiswa dimudahkan dengan penggunaan WiFi untuk mencari referensi secara elektronik di internet.
  3. Penggunaan KRS online di FISIP UNAIR. Sebelumnya pengisian KRS dilakukan secara manual dengan mengisi blangko isian oleh bagian akademik dan untuk medapatkan blanko tersebut kita harus mengambilnya langsung di kampus. Namun sekarang setelah adanya KRS online, pengisian KRS dapat diakses dimana dan kapan saja selama daerah tersebut terjangkau jaringan internet dan sesuai batas waktu yang telah ditentukan.

 

B.   Kategorikan Orang Modern

Seseorang dapat dikategorikan sebagai orang modern apabila orang tersebut mempunyai karakteristik sebagai orang modern. Karaklteristik tersebut yaitu:
1) Memiliki sikap hidup yang menerima hal-hal yang baru dan terbuka untuk perubahan.
2) Memiliki keberanian untuk menyatakan pendapat atau opini mengenai lingkungannya sendiri atau kejadian yang terjadi jauh di luar lingkungannya serta dapat bersikap demokratis.
3) Menghargai waktu dan lebih banyak berorientasi ke masa depan daripada masa lalu.
4) Memiliki perencanaan dan pengorganisasian.
5) Percaya diri.
6) Perhitungan.
7) Menghargai harkat hidup manusia lain.
8) Percaya pada ilmu pengetahuan dan teknologi.
9) Menunjung tinggi suatu sikap di mana imbalan yang diterima seseorang haruslah sesuai dengan prestasinya dalam masyarakat.

                        Contoh konkret orang yang dikategorikan modern yaitu : Bapak Adib salah satu dosen pengajar mata kuliah PPKn di FISIP UNAIR. Beliau selalu menerima hal-hal baru yang positif untuk dapat meningkatkan kinerjanya sebagai seorang dosen serta terbuka dalam hal perubahan teknologi yang semakin maju seperti penggunaan laptop ,smartphone,penggunaan blog untuk menunjang materi perkulihan yang di ajarkan dan bahkan beliau memenangkan kompetisi blog dosen di UNAIR sebagai juara 3. Selain itu, beliau juga sangat berkompeten dalam menyampaikan materi ajar. Beliau selalu menyampaikan pendapat yang menyangkut meteri perkuliahan dengan penuh percaya diri. Bapak Adib juga sangat menghargai waktu, hal tersebut terbukti dari datangnya yang selalu ontime, serta penyelesaian perkuliahan yang sesuai dengan jadwal jam perkuliahan. Beliau juga mempunyai pengorganisasian dan perencanaan program pembelajaran mahasiswa yang terstruktur dan terencana dengan baik.

                        Kami telah mengidentifikasi beliau sebagai seorang dosen pengajar mata kuliah PPKn yang bernama Bapak Adib. Di lihat dari status sosial dan ekonominya beliau dapat dikategorikan pada individu strata atas. Berdasarkan pandangan sosial, beliau termasuk dalam kategori strata atas karena sebagai seorang dosen beliau sangat disegani dan dihormati oleh lingkungannya. Berdasarkan kondisi ekonominya, beliau juga termasuk dalam strata atas karena beliau memperoleh gaji yang jauh diatas UMR, sehingga dalam bentuk nyata beliau mempunyai mobil mewah,rumah mewah, dan penampilan yang eksklusif.

C.   Ciri-ciri manusia modern ditinjau dari Fisik maupun non Fisik

Secara Fisik

                        Dalam kajian ini pandangan secara fisik dapat diartikan sebagai cara berpenampilan dan barang atau aksesoris yang digunakan  oleh individu tersebut. berdasarkan kajian tersebut kelompok kami menggambarkan ciri-ciri tersebut melihat dari fenomena yang terdapat di FISIP UNAIR melihat dari cara berpakaiaan dan aksesoris yang digunakan oleh mahasiswa antara lain:

Ciri-ciri Mahasiswa Modern

  1. Pakaiaan atau sepatu yang di gunakan cenderung memperlihatkan merek ternama, seperti Polo, Machbeth dan merek lainnya yang cendrung memperlihatkan status sosial.
  2. Alat komunikasi, kebanyakan mahasiswa cenderung menggunakan  Smart Phone atau blackberry sebagai media komunikasi atau sebagai penggambaran status sosial tertentu.
  3. Mahasiswa cenderung menggunakan laptop atai I-pad sebagai media penyimpanan data dan mengerjakan serta mengumpulkan tugas melalui E-mail kepada dosen

Secara Non Fisik

            Dalam kajian ini pandangan secara Non Fisik dapat diartikan sebagai cara berfikir dan bertingkah laku serta bertindak oleh individu tersebut. berdasarkan kajian tersebut kelompok kami menggambarkan ciri-ciri tersebut melihat dari fenomena yang terdapat di FISIP UNAIR melihat dari cara berpandangan mahasiswa selama mengemukakan pendapat.

Ciri-ciri Mahasiswa Modern

  1. Para mahasiswa modern cenderung menerapkan budaya mahasiswa antara lain membaca, mendengarkan menulis, berpendapat dan kritis. Budaya tersebut terlihat dari cara berinteraksi sesame mahasiswa dan dosen dalam mengerjakan tugas.
  2. Mahasiswa cenderung berfikir rasional berdasarkan fakta yang ada di masyarakat terutama saat berdiskusi dikelas.

D. Dampak Modernisasi 

1.      Dampak Positif 

                   Dampak positif teknologi modernisasi adalah sebagai berikut.

  • Perubahan Tata Nilai dan Sikap

                                    Adanya modernisasi dalam zaman sekarang ini bisa dilihat dari cara berpikir masyarakat yang irasional menjadi rasional.

                        Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.

                                    Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pula yang membentuk masa modernisasi yang terus kian berkembang dan maju di waktu sekarang ini.

                                    Sebagai lain yaitu contoh sudah jelas bahwa di FISIP UNAIR ini, ilmu pengetahuan dan teknologi yang digunakan lebih maju. Hal tersebut dapat dilihat dari kurikulum yang diajarkan dalam mata kuliah lebih maju dan mengikuti perkembangan jaman serta penggunaan alat-alat pembelajaran yang lebih maju seperti penggunaan laptop dan LCD proyektor.

  • Tingkat Kehidupan yang lebih Baik

                                    Dibukanya industri atau industrialisasi berdasarkan teknologi yang sudah maju menjadikan nilai dalam memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih, dan juga merupakan salah satu usaha mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat, hal ini juga dipengaruhi tingkat ilmu pengetahuan dan teknologi yang membantu perkembangan modernisasi.

Sebagai contoh, pada mahassiswa FISIP UNAIR saat ini telah berfikir secara rasional yaitu mereka dalam berfikir dan berpandangan dengan dasar-dasar ilmiah yang mengacu pada hal-hal yang logis dan dapat dikaji kebenarannya. Seperti ketika mahasiswa sosiologi 2011 menyelesaikan masalah dengan salah seorang dosen pengajar mata kuliah Teknik Penulisan Ilmiah dalam mengambil keputusan yang kurang irasional karena hanya beberapa mahasiswa yang bersalah dengan beliau namun beliau hampir tidak meluluskan semua mahasiswa satu kelas. Dan dengan pemikiran yang rasional mahasiswa menentang keputusan tersebut dan akhirnya masalah pun selesai dengan penyelesaian masalah secara diplomasi dengan keputusan yang lebih rasional.

  • Sebagai lain yaitu contoh sudah jelas bahwa di FISIP UNAIR ini, ilmu pengetahuan dan teknologi yang digunakan lebih maju. Hal tersebut dapat dilihat dari kurikulum yang diajarkan dalam mata kuliah lebih maju dan mengikuti perkembangan jaman serta penggunaan alat-alat pembelajaran yang lebih maju seperti penggunaan laptop dan LCD proyektor.

 

2          Dampak Negatif

       Dampak negatif teknologi modernisasi adalah sebagai berikut.

  • Pola Hidup Konsumtif

   Perkembangan teknologi industri yang sudah modern dan semakin pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk menkonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada, sesuai dengan kebutuhan masing – masing.

  • Sikap Individualistik

   Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitas. Padahal manusia diciptakan sebagai makhluk sosial.

  • Gaya Hidup Kebarat-baratan

   Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dan lain-lain.

  • Kesenjangan Sosial

               Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lainnya. Dengan kata lain individu yang dapat terus mengikuti perkembangan jaman memiliki kesenjangan tersendiri terhadap individu yang tidak dapat mengikuti suatu proses modernisasi tersebut. Hal ini dapat menimbulkan kesenjangan sosial antara individu satu dengan lainnya, yang bisa disangkutkan sebagai sikap individualistik.

  • Kriminalitas

                   Kriminalitas sering terjadi di kota-kota besar karena menipisnya rasa kekeluargaan, sikap yang individualisme, adanya tingkat persaingan yang tinggi dan pola hidup yang konsumtif.

               Sebagai contoh, mahasiswa lebih suka menggunakan browser di internet untuk mengerjakan tugas dari dosen. Sebelum boomingnya penggunaan internet untuk browsing, mahasiswa lebih cenderung menggunakan buku referensi dari dosen. Namun setelah boomingya penggunaan internet, mahasiswa lebih suka meng-copy paste dari web blog orang saja tanpa membacanya terlebih dahulu, dan kurangnya pemahaman terhadap materi tersebut yang merupakan aibat dari perilaku mahasiswa yang konsumtif dalam penggunaan internet (yang dimaksudkan peng-copy paste dari webblog seseorang untuk membantu penyelesaian makalah). Dari hal tersebut, mahasiswa dapat juga diklasifkasikan sebagai orang memiliki perilaku konsumtif terhadap penggunaan teknologi modern)

               Sebagai contoh, kesenjangan yang terjadi antara seorang mahasiswa yang memiliki fasilitas legkap seperti laptop, blackberry, mobil mewah dengan seorang mahasiswa yang tidak memiliki fasilitas tersebut. Dapat dikatakan mahasiswa yang memiliki fasilitas tersebut cenderung melakukan aktifitasnya belajarnya menggunakan barang barang mewah tersebut, dan ia akan mengaju pada masyarakat yang modern. Hal tersebut sangat berbeda dengan cara-cara belajar pada seorang mahasiswa yang tidak memiliki fasilitas lengkap tersebut yang hanya mengandalkan buku referensi serta keterangan-keterangan dari dosen saja. Tentu saja antara mahasiswa yang menggunakan fasilitas lengkap dengan mahasiswa yang hanya menggunakan fasilitas minim akan mengakibatkan timbulnya kesenjangan sosial antar mahasiswa.

 

E.   Faktor Pendorong dan Penghambat Modernisasi 

 

1. Faktor Penghambat Modernisasi

-  Perasaan takut akan disintegrasi

Perasaan ini biasanya muncul pada masyarakat yang masih memegang teguh tradisi nenek moyangnya, sehingga modernisasi dianggap akan merusak intergrasi atau organisasi masyarakat yang telah ada sebelumnya.
-  Kurang berkembangnya IPTEK
            Masyarakat yang masih berpikiran kolot biasanya menolak adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
-  Adanya vested interested (nilai- nilai yang telah tertanam dengan sangat kuat)
-  Adanya prasangka buruk terhadap budaya luar

- Kurangnya hubungan dengan masyarakat luar
- Perkembangan pendidikan yang lambat
- Sikap yang kuat dari masyarakat terhadap tradisi yang dimiliki
- Rasa takut dari masyarakat jika terjadi kegoyahan (pro kemapanan)
- Cenderung menolak terhadap hal-hal baru

 

Contoh Konkrit Faktor Penghambat Modernisasi yang ada di FISIP UNAIR :
            Salah satu faktor penghambat modernisasi yang terjadi di FISIP UNAIR salah satunya yaitu koneksi jaringan wi-fi di FISIP UNAIR  yang kurang memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mencari suatu informasi dengan menggunakan internet, dikarenakan keleletan jaringan koneksi wifi di fisip unair.

            Faktor penghambat lain yaitu faktor ekonomi karena tidak semua mahasiswa unair  mempunyai laptop untuk mengakses internet, kebanyakan mahasiswa unair yang tidak memiliki laptop terpaksa menggunakan jasa warnet (warung internet). Dan itu adalah salah satu faktor penghambat yang perlu diperhatikan.

 

2.      Faktor Pendorong Modernisasi

a.      Adanya Kontak dengan Kebudayaan Lain  

Kontak dengan kebudayaan lain dapat Penyebabkan manusia saling berinteraksi dan mampu menghimpun penemuan-penemuan baru yang telah dihasilkan. 

Penemuan-penemuan baru tersebut dapat berasal dari kebudayaan asing atau merupakan perpaduan antara budaya asing dengan budaya sendiri. Proses tersebut dapat mendorong pertumbuhan suatu kebudayaan dan memperkaya kebudayaan yang ada.

b.      Sistem pendidikam formal yang maju 

Pendidikan memberikan nilai-nilai tertentu bagi manusia, terutama membuka pikiran dan mem-biasakan berpola pikir ilmiah, rasional, dan objektif. Hal ini akan memberikan kemampuan manusia untuk menilai apakah kebudayaan masyarakatnya dapat memenuhi perkembangan zaman atau tidak.

c.       Sikap menghargai Hasil Karya Orang Lain 

penghargaan terhadap hasil karya seseorang akan mendorong seseorang untuk berkarya lebih baik lagi, sehingga masyarakat akan semakin untuk menghasilkan karya-karya lain yang mendorong modernisasi.

d.      Sistem Terbuka Masyarakat ( Open Stratification ) 

Sistem terbuka memungkinkan adanya gerak sosial vertikal atau horizontal yang lebih luas kepada anggota masyarakat. Masyarakat tidak lagi mempermasalahkan status sosial dalam menjalin hubungan dengan sesamanya. Hal ini membuka kesempatan kepada para individu untuk dapat mengembangkan kemampuan dirinya dalam pengembangan teknologi ke arah yang lebih modern.

e.       Orientasi ke Masa Depan 

Pemikiran yang selalu berorientasi ke masa depan akan membuat masyarakat selalu berpikir maju dan mendorong terciptanya penemuan-penemuan baru yang disesuaikan dengan perkembangan dan tuntutan zaman yang semakin modern.

Contoh konkrit faktor pendorong modernisasi yang ada di FISIP UNAIR yaitu adanya sistem pendidikan formal yang maju. Sistem pendidikan formal di kampus FISIP UNAIR ini sudah terbilang sangat maju karena kurikulum pendidikannya sesuai dengan perkembangan jaman yang semakin dodern serta penggunaan alat-alat pembelajaran yang sudah maju dan canggih untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar.

                        Contoh lain yang ada di FISIP UNAIR ini yaitu pemikiran mahasiswa dan dosennya yang berorientasi ke masa depan. Hal itu terbukti dengan pembelajaran yang berorientasi penelitian untuk menemukan fakta-fakta sosial baru yang berguna untuk kemajuan pendidikan di jaman yang semakin kompleks dan modern ini.

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

A.   Kesimpulan

modernisasi merupakan suatu proses perubahan di mana masyarakat yang sedang memperbaharui dirinya berusaha mendapatkan ciri-ciri atau karakteristik yang dimiliki masyarakat modern. Seseorang dapat dikategorikan sebagai orang modern apabila orang tersebut mempunyai karakteristik sebagai orang modern yang secara umum ciri-ciri tersebut dengan penggunaan teknologi dan cara-cara hidup yang lebih maju. Dengan perubahan dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern tersebut tentu membawa dampak baik positif maupun negatif.

 

B. Saran

Dalam kenyataannya, modernisasi tidak dapat terelakkan lagi sehingga mau tidak mau kita harus menerima modernisasi tersebut. Modernisasi yang masuk pada lingkungan kita pasti membawa dampak baik positif maupun negatif. Sehingga kami menyarankan agar dengan adanya modernisasi harus membawa dampak positif lebih besar dengan memanfaatkan teknologi tepat guna demi tercapainya masyarakat yang lebih maju, modern, dan membawa perubahan kearah yang lebih maju.

 

 


 

DAFTAR PUSTAKA

 

  • http://www.anakciremai.com/2010/06/makalah-modernisasi-dan-globalisasi.html
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Modernisasi

 

3 Komentar

yJzcQMGOCvx

pada : 21 July 2012


"Mohon dukungannya dalam Pemilihan Blog Guru Terbaik "GURARU BLOG AWARD 2011".Klik untuk mnuenkudg saya.Terima kasih atas suppor yang rekan berikan.."


XitXnHsMNnB

pada : 23 July 2012


"met mlm .!!! numpang nanya ngk teallru ribet juga sich maklum anak baru dalam dunia keuangan hehehe ..langsung az ya !!!! apakah pada Laporan keuangan (SPj) untuk UP perlu dilampirkan Bukti Pengeluarannya juga atau bukti tersebut dilampirkan pada GU saja,,,dengan kata lain berarti untuk pertanggungjawaban UP tidak perlu dilampirkan buktinya. masih .sorry"


XitXnHsMNnB

pada : 23 July 2012


"met mlm .!!! numpang nanya ngk teallru ribet juga sich maklum anak baru dalam dunia keuangan hehehe ..langsung az ya !!!! apakah pada Laporan keuangan (SPj) untuk UP perlu dilampirkan Bukti Pengeluarannya juga atau bukti tersebut dilampirkan pada GU saja,,,dengan kata lain berarti untuk pertanggungjawaban UP tidak perlu dilampirkan buktinya. masih .sorry"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :