MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Nilai Dan Norma Sosial

diposting oleh alhada-fisip11 pada 20 April 2012
di Makalah - 2 komentar

 

KATA PENGANTAR

 


            Puji syukur kami panjatkan pada kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan tugas makalah sosiologi yang berjudul “NILAI DAN NORMA SOSIAL” tepat pada waktunya.

 

Kami menyadari bahwa makalah yang kami selesaikan ini masih jauh dari kesempurnaan. Seperti halnya pepatah “ tak ada gading yang tak retak “, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran dari semua kalangan yang bersifat membangun guna kesempurnaan makalah kami selanjutnya.


            Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Serta kami berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi semua kalangan.

Amin

 

                                                                                                Surabaya, 14 Oktober 2011

 

                                                                                                            PENYUSUN

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Di dalam kenyataan kehidupan sehari-hari dalam masyarakat tidaklah hanya berwujud suatu jumlah perilaku dah hubungan-hubungan antara manusia, melainkan sekaligus juga berwujud dalam suatu sistem determinan yang disebut sistem nilai dan  norma. Norma dan nilai merupakan sesuatu yang sangat penting serta tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan bermasyarakat,karena keduanya merupakan alat untuk mengarahkan dan mengontrol perilaku warga masyarakat.

Tanpa adanya nilai dan norma dalam kehidupan bermasyarakat, maka dalam kehidupan bermasyarakat tersebut akan banyak terjadi banyak konflik dan kericuan di berbagai tempat karena tidak adaya alat yang digunakan sebagai pedoman prilaku. Oleh karena itu dalam bab ini kelompok kami akan membahas serta menjabarkan mengenai norma dan nilai yang berkembang di dalam masyarakat,

 

2. Rumusan Masalah

  1. Apakah pengertian dari norma dan nilai sosial?
  2. Apa sajakah bentuk-bentuk norma sosial?
  3. Apakah pengertian dan pentingnya sosialisasi?
  4. Apa sajakah pola-pola dan media sosialisasi?
  5. Contoh dari kategori norma manakah yang kami identifikasi?
  6. Contoh pola sosialisasi bagaimanakah yang kami identifikasi?

 

3. Tujuan

  1. Menjelaskan pengertian dari nilai dan norma sosial?
  2. Menjelaskan bentuk-bentuk norma sosial?
  3. Menjelaskan pengertian dan pentingnya sosialisasi?
  4. Menjelaskan pola-pola dan media sosialisasi?
  5. Menjelaskan contoh dari kategori norma yang kami identifikasi?
  6. Menjelaskan contoh pola sosialisasi yang kami identifikasi?

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

A.   Pengertian Nilai Sosial 

 

        Kita sering mendengar dan bahkan menggunakan istilah ”nilai”.Nilai adalah sebuah konsep yang menunjukkan sesuatu yang berharga dalam kehidupan, itulah sebabnya nilai sering kali dipahami sebagai hal-hal yang baik

        NILAI SOSIAL adalah nilai yang dianut dan dianggap penting oleh suatu kelompok masyarakat.

 

B.  Fungsi Nilai Sosial

 

  • Mengarahkan masyarakat dalamberpikir dan bertingkah laku
  • Sebagai alat solidaritas
  • Sebagai kontrol perilaku masyarakat
  • Sebagai penentu terakhir bagi manusia dalam memenuhi peran sosialnya

 

C.     Pengertian Norma Sosial

 

     Norma sosial yaitu merupakan seperangkat aturan yang digunakan oleh masyarakat, sebagai pedoman untuk bersikap, perperasaaan, berpikir, maupun bertindak serta patokan prilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

      Norma sosial akan berfungsi dengan baik apabila norma itu sudah melembaga (institutionalized) dalam diri masyarakatnya dan disertai dengan syarat-syarat:

  • Diketahui oleh masyarakat
  • Dipahami dan dimengerti
  • Dihargai
  • Ditaati dan dilaksanakan

 

D.     Fungsi Norma Sosial

          Norma memiliki fungsi tertentu dalam kehidupan bermasyarakat. Beberapa fungsi norma tersebut antara lain meliputi :

  • Mengatur tingkah laku masyarakat agar sesuai dengan nilai yang berlaku  
  • Menciptakan ketertiban dan keadilan dalam masyarakat 
  • Membantu dalam mencapai tujuan bersama 
  • Menjadi dasar dalam memberi sanksi kepada masyarakat yang melanggar norma 

 

 

E.     Bentuk-bentuk Norma Sosial

 

a.     Usage ( cara)

    Usage (cara) adalah cara melakukan sesuatu dalam hubungan atau interaksi antar individu dalam masyarakat. Usage merupakan jenis norma yang paling lemah daya ikatnya

 

Contoh Usage:

  • Cara orang menyatakan kepuasan sesudah makan. 

 

b.     Folkways(kebiasaan)

             Folkways adalah kebiasaan suatu kelompok dalam melakukan suatu hal,   dengan kekuatan sanksi lebih kuat dari usage.

  • Menurut Horton & Hunt ( 1987) ada dua macam folkways yaitu:

    a. Yang perlu diikuti atau dipatuhi sebagai perilaku yang baik dan sopan

    b. Yang harus dipatuhi karena dianggap penting bagi kesejahteraan masyarakat

 

  • Ciri-ciri Folkways:
  1. Tidak tertulis
  2. Tidak diketahui siapa pembuatnya
  3. Tidak diketahui kapan dibuatnya
  4. Sanksi ringan (dicemooh/diejek, dll)
  5. Eksistensinya bisa dibantah
  6. Penghukuman komunal

              Contoh dari folkways:

  • Mengendarai kendaraan di jalur sebelah kiri jalan, berjabat tangan, meng-gunakan baju batik pada acara resmi, dll.

 

c.      Mores (Tata Kelakuan)

           Mores adalah aturan yang sudah diterima oleh masyarakat dan biasanya berhubungan dengan sistem kepercayaan atau keyakinan agama.

           Mores adalah norma yang dilandasi oleh moral. Oleh karena itu dalam percakapan sehari-hari norma ini lebih dikenal sebagai norma moral. Mores tidak dibuat secara tiba-tiba, melainkan tumbuh secara bertahap melalui kebiasaan-kebiasaan yang ada dalam masyarakat.

 

  • Ciri-ciri mores:
  1. Tidak tertulis
  2. Tidak diketahui siapa pembuatnya
  3. Tidak diketahui kapan dibuatnya
  4. Sanksi relatif lebih berat
  5. Eksistensinya tidak bisa dibantah
  6. Penghukuman komunal

 

Contoh dari Mores :

 

  • Mores dapat berupa larangan (tabu) di bidang makanan seperti: larangan memakan daging sapi, kuda, babi. Larangan dalam menampilkan diri seperti: mempertontonkan buah dada, tungkai, siku. Ataupun larangan dalam berbahasa seperti; larangan mengucapkan mantra tertentu.

 

d.     Custom ( Adat Istiadat)

             Custom (adat istiadat) merupakan jenis norma yang memiliki sanksi yang keras bagi pelanggarnya. Berupa penolakan dan pengadilan.

 

Contoh dari custom:

 

  • Seperti halnya adat sungkeman kepada orang yang lebih tua.

 

e.      Law (Hukum)

        Norma hukum adalah serangkaian kaidah atau petunjuk hidup manusia yang dibuat oleh pejabat yang berwewenang, berisikan perintah ataupun larangan bagi manusia dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, yang apabila melanggar akan dijatuhi sanksi oleh pihak yang berwewenang.

 

Contoh dari norma hukum :

 

  • Orang yang mencuri dan membunuh akan di jatuhi sanksi sesuai dengan perundang-undangan.

 

F.      Pengertian dan Pentingnya Sosialisasi

 

         Sosialisasi adalah: suatu proses pembelajaran terhadap nilai-nilai, norma-norma, perasaan, sikap, perilaku, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tindakan-tindakan yang dianggap tepat oleh suatu masyarakat atau oleh suatu kebudayaan tertentu.

 

  • Tujuan Sosialisasi:
  1. Membekali seseorang dengan ketrampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara efektif
  3. Mengendalikan fungsi-fungsi organik melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat
  4. Membiasakan diri dengan nilai-nilai kepercayaan pokok yang ada di masyarakat

 

G.      Pola-pola Sosialisasi

 

1.      Sosialisasi Otoriter

         yaitu: proses sosialisasi yang dipercayakan kepada orang-orang yang memiliki kekuasaan atau wewenang terhadap orang yang disosialisasi. Sosialisasi ini dilakukan secara paksa.

 

  • Tujuan sosialisasi Otoriter

       agar individu yang disosialisasi itu dapat menguasai apa yang di sosialisasikan, sehingga akhirnya akan terbentuk sikap disiplin dalam masyarakat.

 

2.      Sosialisasi Ekualiter

            yaitu: sosialisasi yang dilakukan oleh individu yang sederajat

 

  • Tujuan sosialisasi Ekualiter

     untuk saling melindungi atau saling membantu demi kelestarian interaksi mereka

 

3.      Sosialisasi Formal

        yaitu: proses sosialisasai yang dilakukan secara terstruktur menurut aturan yang tertuis/resmi. yang sengaja dan sadar direncanakan guna mencapai suatu tujuan.

Contoh: proses pendidikan. Pengajaran, petunjuk-petunjuk dan nasihat-  nasihat.

 

4.      Sosialisasi Informal

         yaitu: proses sosialisasi yang dilakukan secara tidak terstruktur dengan aturan yang tidak tertulis,

Contoh: seorang ibu yang bersikap sopan terhadap tamu yang sedang berkunjung ke    rumahnya dengan disaksikan anakanya, maka secara tidak sengaja sang ibu ini telah mensosialisasikan norma-norma kepada sang anak

 

5.      Sosialisasi Primer

         yaitu: Sosialisasi yang paling pertama yang diterima individu dari lingkungan hidupnya, yang berfungsi mengantar mereka dalam memasuki kehidupan sebagai anggota masyarakat   

Contoh: sosialisasi yang dilakukan orang tua kepada anaknya.

 

6.      Sosialisasi Sekunder

         yaitu: sosialisasi lanjutan dari sosialisasi primer,ketika seorang anak sudah menjalani sosialisasi di sektor-sektor kehidupan nyata di masyarakat, seperti: di tempat kerja, akademik militer,  dll.

 

Sedangkan dari segi caranya, sosialisasi yang berlangsung dalam keluarga dibedakan pula menjadi:

a.  Sosialisasi represif

  • Ciri-cirinya:

1.    Proses sosialisasi lebih mengutamakan penggunaan hukuman
2.    Komunikasi satu arah
3.    Kepatuhan penuh anak-anak kepada orang tua
4.    Orang tua bertindak dominan dalam proses sosialisasi tersebut
 

b.    Sosialisasi Partisipatif

  • Ciri-cirinya:
  1. Proses sosialisasi lebih mengutamakan penggunaan motivasi
  2. Komunikasi timbal balik
  3. Penghargaan terhadap otonomi anak
  4. Adanya sharing dan tanggung jawab dalam proses sosialisasai tersebut

 

H.     Media-media Sosialisasi

 

1.     Keluarga          

           Keluarga adalah lembaga yang paling terkait erat dengan proses sosialisasi seseorang, karena keluarga merupakan kelompok primer yang selalu terjadi tatap muka diantara anggotanya sehingga selalu mengikuti perkembangan anggota-anggotanya.

 

  • Fungsi keluarga:
  1. Menjaga dan memelihara anak.
  2. Tempat awal persemaian nilai dan norma.
  3. Tempat persemaian cinta dan kasih sayang.
  4. Tempat perlindungan bagi anggota keluarganya.

 

2. Sekolah 

            Seperti halnya keluarga, sekolah memperoleh mandat untuk mensosialisasikan norma dan nilai kebudayaan bangsa dan negara, yang berpengaruh besar dalam pembentukan sikap dan perilaku seorang anak dalam mempersiapkan penguasaan peran-peran baru di masyarakat/

 

  • Fungsi Sekolah:
  1. Menyiapkan anak-anak untuk menyongsong kehidupan di masa depan.
  2. Membantu perkembangan potensi anak sebagai pribadi yang utuh dan makhluk sosial yang bermanfaat/
  3. Memperkaya kehidupan dengan memperluas wawasan pengetahuan.
  4. Membentuk warga negara yang patriotik dengan pelajaran tentang kekayaan negara, peningkatan persatuan dan kesatuan bangsa/

 

3.     Kelompok Teman Sebaya

         Menurut Piaget: hubungan antara teman sebaya lebih demokratis dibanding hubungan orang tua dengan anak. Hubungan antara teman sebaya lebih diwarnai oleh semangat kerjasama dan saling memberi diantara anggotannya.

         Dalam kelompok teman sebaya, aturan perilaku dicari dan diuji kemanfaatan-nya secara bersama-sama. Ketika anak mulai tumbuh dewasa, peran keluarga dalam perkembangan sosial semakin berkurang dan digantikan dengan kelompok teman sebaya.

 

  • Fungsi Kelompok teman sebaya:
  1. Dapat membantu remaja mencapai kemandirian.
  2. Membantu remaja untuk menjalani transisi ke arah yang lebih dewasa.  

 

4.     Lingkungan Kerja 

        Lingkungan kerja merupakan sarana sosialisasi setelah individu melewati masa kanak-kanak dan masa remaja, karena pada umumnya individu yang dalam lingkungan kerja sebagaian besar dewasa.

       Dalam lingkungan kerja inilah individu akan saling berinteraksi dan berusaha menyesuaikan diri dengan nilai dan norma yang berlaku didalamnya.

 

5.     Media Massa

      Media massa merupakan media sosialisasi yang kuat dalam membentuk keyakinan-keyakinan baru.atau mempertahankan keyakinan yang sudah ada.. Proses sosialisasai melalui media massa ruang lingkupnya lebih luas daripada media sosialisasi yang lain. Iklan-iklan yang ditayangkan disinyalir telah menyebabkan pperubahan pola konsumsi, bahkan gaya hidup warga masyarakat/

 

I.        Kontrol Sosial

 

     adalah: semua cara yang ditempuh dan digunakan untuk mengendalikan tingkah laku, dan agar masyarakat mematuhi nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku.

 

J.  Sarana Kontrol Sosial

 

1.      Sanksi ( punishment )

        Sanksi ditujukan untuk menekan warga masyarakat dengan pemberian pembebanan penderitaan bagi siapa saja yang melanggar norma yang berlaku

 

  • Macam-macam sanksi: .

1.      Sanksi ekonomi, yaitu pembebanan penderitaan ekonomi. Seperti: denda, ganti rugi, dll.
2.      Sanksi Fisik, yaitu pembebanan penderitaan fisik. Seperti: dipukul, dicambuk, dipacung, dll.

 3.      Sanksi Psikologis, yaitu pembebanan penderitaan kejiwaan. Seperti: dicemooh, diejek, dipermalukan di depan umumm dll.

 

2.      Penghargaan ( Reward )

     Berfungsi sebagai sarana kontrol sosial yang bekerja secara preventif.

 

  • Macam-macam reward:

1.  Reward Ekonomi, misalnya: rangsangan diberi uang atau benda-benda ekonomi yang lain.

2.  Reward Fisik, misalnya: dibelai, dicium, dll.

3.  Reward Psikologis, misalnya: disanjung, dipuji, dll.

 

K.      Arti Penting Hidup Tertib Dalam Masyarakat

                   Manusia  dilahirkan  dan  hidup  tidak terpisahkan satu sama lain, melainkan berkelompok. Hidup berkelompok ini merupakan kodrat manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Selain itu juga untuk mempertahankan hidupnya, baik terhadap bahaya dari dalam maupun yang datang dari luar. Setiap manusia  akan  terdorong melakukan  berbagai  usaha   untuk  menghindari  atau melawan dan mengatasi bahaya-bahaya itu.
    Dalam    hidup   berkelompok   itu   terjadilah    interaksi antar manusia.   Kalian  juga   senantiasa   mengadakaninteraksi dengan teman-teman  kalian,  bukan?  Interaksi yang kalian lakukan pasti ada kepentingannya, sehingga bertemulah  dua   atau  lebih   kepentingan.   Pertemuan kepentingan tersebut disebut  “kontak“.  Menurut  Surojo Wignjodipuro, ada dua macam kontak, yaitu :
1. Kontak yang menyenangkan, yaitu jika kepentingan-kepentinganyang bertemu saling memenuhi. Misalnya, penjual bertemu dengan pembeli.
2. Kontak yang tidak menyenangkan, yaitu jika kepentingan-kepentingan yang bertemu bersaingan atau berlawanan.   Misalnya,   pelamar  yang bertemu dengan pelamar yang lain, pemilik barang bertemu dengan pencuri.

     Mengingat banyaknya kepentingan, terlebih kepentingan antar pribadi, tidak mustahil terjadi konflik antar sesama manusia, karena kepentingannya saling bertentangan. Agar kepentingan pribadi tidak terganggu dan setiap orang merasa merasa aman, maka setiap bentuk gangguan terhadap kepentingan harus dicegah. Manusia selalu berusaha agar tatanan masyarakat dalam keadaan tertib, aman, dan damai, yang menjamin kelangsungan hidupnya.

 

Sebagai   manusia    yang   menuntut   jaminan kelangsungan hidupnya,  harus diingat pula  bahwa manusia adalah mahluk sosial.Menurut Aristoteles, manusia itu adalah Zoon Politikon, yang  dijelaskan  lebih lanjut oleh  Hans Kelsen “man is a social  and politcal  being”  artinya  manusia itu adalah  mahluk  sosial yang dikodratkan hidup dalam  kebersamaan dengan sesamanya dalam masyarakat, dan mahluk yangterbawa oleh kodrat sebagai mahluk sosial itu selalu berorganisasi.             

 Kehidupan     dalam    kebersamaan      (ko-eksistensi) berarti   adanya   hubungan   antara   manusia    yang satu dengan manusia yang lainnya. Hubungan yang   dimaksud dengan hubungan sosial (social relation) atau relasi  sosial. Yang dimaksud hubungan sosial  adalah  hubungan   antar subjek yang saling menyadari kehadirannya masingmasing. Dalam hubungan sosial  itu  selalu  terjadi  interaksi  sosial yang mewujudkan jaringan relasi-relasi sosial (a web of social relationship) yang disebut sebagai masyarakat. Dinamika kehidupan masyarakat menuntut cara berperilaku antara satu dengan yang lainnya untuk mencapai suatu ketertiban.
     Ketertiban didukung oleh tatanan yang mempunyai sifat berlain-lainan karena norma-norma yang mendukung masing-masing tatanan mempunyai sifat yang tidak sama. Oleh karena itu, dalam masyarakat yang teratur setiap manusia sebagai anggota masyarakat harus memperhatikan norma atau kaidah, atau peraturan hidup yang ada dan hidup dalam masyarakat.

 

L.       Norma Sosal Yang Kami Temui Di Lingkungan Sekitar Tempat Tinggal

      Norma sosial yang kami temui dan mendominasi di lingkungan sekitar tempat tinggal kami yaitu mores. Contoh pelaksanaan mores yaitu pelaksanaan kenduri di lingkngan masyarakat . Acara kenduri tersebut dianut oleh masyarakat secara umum dan dianggap sebagai sesuatu yang pentin . Sehingga dpertahankan secara turun temurun sebagai sesuatu yang harus dilaksanakan.Jika ada salah satu dari warga ada yang tidak melaksanakan kenduri mereka di kutuk oleh masyarakat sebagai sesuatu hal yang secara moral tidak dapat dibenarkan. Acara kenduri dilaksanakan secara rutin oleh masyarakat biasanya berupa memperinati hari kelahiran anak , kematian seseorang , pernikahan seseorang , menjelang panen , dan ketika mendapatkan suatu anugerah dari yang maha kuasa berupa tasyakuran . Biasanya acaa kenduri dilakukan oleh warga laki-laki. Dan selain acara upacara adat , kenduri biasanya diwarnai dengan dzikir-dzikir dan doa-doa kepada tuhan yang maha kuasa. Kebiasaan kenduri ini kami teliti pada masyarakat di desa Sembayat Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik.

 

M.     Perbedaan norma sosial yang kami temui di lingkungan sekitar

      Acara kenduri yang kami teliti diberbagai daerah dalam pelaksanaan hukum adatnya berbeda-beda . Ada yang sebagai folkways dan ada yang sebagai mores. Di desa Sembayat Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik acara kenduri tersebut sudah menjadi norma mores karena kenduri sudah dianggap menjadi suatu hal yang peting dan dipertahankan secara turun temurun serta pelaksanaanya harus dilaksanakan walaupun dengan pengorbanan. Namun acara kenduri di desa Ringinanyar kecamatan Ponggok kabupaten Blitar hanya sebaai folkways karena pelaksanaanya tidak terlalu penting dan juga tidak diikuti ole semua warga sekitar. Hal tersebut dikarenakan adanya kaum Muhamaddiyah yang menganggap acara seperti itu tidak penting dan tidak sesuai dengan syariah islam. Selain itu masyarakat desa ini juga homogen yang juga terdiri dari masyarakat modern. Mereka ikut melaksanakan kenduri namun makanan-makanan an disuguhkan berupa makanan modern seperti nasi kotak , es krim , dan bahan-bahan mentah seperti gula , mie instant dan lain sebagainya. Dari sini dapat kita ambil kesimpulan bahwa masyarakat desa Ringinanyar ini hanya menganggap kenduri sebagai norma folkways. Sebab hanya dianut oleh segelincir orang yaitu yang beragama islam NU dan menjunjung tinggi nilai tradisional.

 

N.      Pola sosalisasi yang kami temui dalam masyarakat sekitar

   Pola sosialisasi yang kami identifikasi pada masyarakat desa Sembayat Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik dalam rangka mensosioalisasikan tradisi kenduri yaitu secara Informal. Alasannya karena secara tidak sengaja budaya kenduri juga mensosialisasikan nilai kebersamaan , cinta kasih , dan religius. Nilai kebersamaan bisa terwujud karena dalam acara kenduri ini masyarakat disatukan dalam suatu forum secara bersama-sama tanpa pandang status sosial masyarakat. Nilai cinta kasih bisa terjalin karena diantara anggota masyarakat itu saling berinteraksi secara intern. Selain itu ada acara ramah tamah yang memberikan sodaqoh dan sebagai bentuk penghormatan kepada para tamu yang datang. Nilai religius juga dapat tumbuh karena dalam acara kenduri ini masyarakat membaca dikir-dzikir dan doa-doa yang ditujuka kepada sang pencipta hidup. Kemudian sosilaisasi kenduri ini juga tidak menggunakan metode khusus, tidak mempunyai struktur dan norma yang tertulis . Sehingga hanya disosialisasikan secara turun temurun melalui mulut ike mulut dan kebiasaan masyarakat sekitar.

 

O.      Dampak sosialisasi bagi individu maupun masyarakat yang kami temui

   Dampak secara individu yaitu menanamkan dan memperkuat nilai-nilai religius , kebersamaan , dan cintakasih kepada sesama manusia .Melalui sosialisasi yang kita terima dari masyarakat , kita bisa menjadi individu yang mempunyai kepribadian sesuai dengan lingkungan sekitar kita , sehingga kita bisa diakui dan diterima sebagai anggota di dalam masyaakat .

Damapak sosialisasi terhadap masyarakat yaitu untuk memperkuat rasa soidaritas dan kerjasama diantara masyarakat . Karena biasanya acara kenduri ditujukan kepada salah satu dari warga yang membutuhkan doa-doa bersama . Selain itu masyarakat yang ikut mendoakan akan mendapatkan timbal balik berupa berkat (makanan-makanan) . Dari sini rasa solidaritas dan tolong-menolong dapat erwujud dan tertanam dalam masyarakat .

 

P.       Sarana kontrol dari proses sosialisasi yan kami identifikasi

   Biasanya sebagai sarana kontrol agar masyarakat mau mengikuti dan menjalankan tradisi kenduri yaitu berupa sanksi psikologis . Hal itu dapat kita lihat dari cemoohan , kutukan , ejekan dan buah bibir masyarakat.

      Misalnya : Jika ada salah satu anggota yang meninggal dan anggota kerabatnya tidak melaksanakan acara kenduri untuk mendoakan almarhum , masyarakat akan membicarakan keluarga tersebut dan mencemooh serta mengutuk mereka dengan kata-kata yang menyayat hati.

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

A.   Kesimpulan

 

        Dalam Kehidupan bermasyarakat keberadaan nilai dan norma sangatlah penting, keduanya tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini karena keduanya berfungsi sebagai pedoman berprilaku dan bertindak sekaligus sebagai pengawas (kontrol) prilaku manusia dengan daya tekan dan daya mengikat agar manusia berprilaku sesuai dengan norma yang berlaku.

        Manusia (individu) dapat berprilaku atau bertindak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku apabila individu itu telah memperoleh sosialisasi tentang nilai dan norma tersebut. Karena dengan melalui proses sosialisasi maka individu tersebut akan bisa mengetahui batasan-batasan dalam norma-norma yang berlaku, sehingga dia tidak akan melakukan tindakan yang bertentangan dengan norma tersebut.

 

B.   Saran

    Kami menyarankan kepada masyarakat agar tetap memegang teguh norma adat yang dianut pada setiap daerah sebagai identitas lokal daerah tersebut, serta sebagai salah satu bentuk kebinekaan negara kesatuan republik Indonesia dan juga sebagai kekayaan negara. Norma tersebut harus tetap dipertahankan selama itu baik dan tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Karena norma adat juga berfungsi sebagai salahsatu filtrasi bagi masyarakat dalam menerima norma/kebudayaan baru yang masuk di daerahnya.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

  • Narwoko J.Dwi,Bagong Suyanto.2011.Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  • Saptono, Bambang Suteng.2006.Sosiologi untuk SMA Kelas X.Jakarta:Phibeta.

2 Komentar

tdEdVfdA

pada : 22 July 2012


"Oh you know here and thereout and aronrduound and abouthither and fitherto and froback and forthup and downin and outover and underhippitie hoppitieround the cornerover the riverand through the woodslickitie splitclockin the jizzgrindin the axeup to no goodlipin the buttgood and plentylolligaggin aroundmakin the roundspainting the town redpackin a loadhugging a treeskinning the dogskip to my loosewing my oatspassin a stoneshooting a breeze-0 characters rema"


ferdianto widono oei

pada : 03 October 2012


"hai semuanya"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :