MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Contoh Rancangan Makalah (Out line)

diposting oleh alhada-fisip11 pada 20 April 2012
di Makalah - 1 komentar

Out Line (Rancangan Makalah)


A.    Topik
          Identitas Nasional
 
B.     Tema
          Jati Diri Bangsa Indonesia
 
C.    Judul
          Cara Mengembalikan Jati Diri Bangsa Inonesia
 
D.    Latar Belakang
          Identitas nasional Indonesia merupakan pembeda atau ciri khas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang dapat dijadikan pembeda dengan bangsa lainnya di dunia ini. Identitas nasional merupakan suatu hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap bengsa di dunia ini termasuk Indonesia sebagai karakter dan pola perilaku yang seharusnya tertanam kuat sebagai acuan masyarakat dalam berprilaku atau bersikap di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara agar tatanan kehidupan di negara kita ini dapat berjalan teratur dan sesuai dengan ciri khas bangsa Indonesia yang telah tertanam sejak dahulu kala.
          Jika suatu bangsa tidak mempunyai ciri khas atau cirikhasnya telah pudar kerena suatu hal, bangsa tersebut akan mengalami perubahan sikap dan tatanan kehidupan yang terjadi pada masyarakatnya. Mereka akan cenderung meniru perilaku atau cirikhas bangsa lain yang diidolakannya. Padahal ciri khas bangsa lain belum tentu cocok dan sesuai bila digunakan pada bangsa tersebut. Ketidak cocokan tersebut mungkin dikarenakan karena faktor letak geografis, kebudayaan, agama yang dianut oleh masyarakat pada umumnya, sejarah pembentukan bangsa, dan sebagainya.
          Dampak dari hilangnya identitas suatu bangsa dan pola perilaku masyarakat yang baru tersebut tidak sesuai dengan keadaan bangsa itu, maka akan melemahkan keadaan bangsa tersebut dalam berbagai bidang. Sehingga  dapat dengan mudah bangsa itu dihancurkan atau dijajah oleh negara lain.
          Dari uraian diatas kita tahu betapa pentingnya identitas nasional itu dimiliki oleh setiap bangsa. Maka dari itu dalam makalah ini penulis ingin mengetahui bagaimana kondisi identitas nasional Indonesia sebagai jati diri bangsa Indonesia saat ini. Kemudian apabila ternyata identitas bangsa Indonesia ini mulai pudar, maka penulis ingin mengetahui bagaimana langkah-langkah yang efektif untuk mengembalikan jati diri bangsa Indonesia agar kembali kepada jati diri bangsa Indonesia yang sesungguhnya.

E.     Rumusan Masalah
          Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan di atas, maka rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini yaitu:

  1. Apa definisi dari Identitas Nasional Indonesia?
  2. Bagaimana jati diri bangsa Indonesia yang sesungguhnya?
  3. Bagaimana kondisi jati diri bangsa Indonesia saat ini?
  4. Bagaimana cara mengembalikan jati diri bangsa Indonesia?

 
F.     Tujuan Penulisan
            Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan makalah ini yaitu:

  1. Untuk mengetahui definisi dari Identitas Nasional Indonesia
  2. Untuk mengetahui jati diri bangsa Indonesia yang sesungguhnya
  3. Untuk mengetahui kondisi jati diri bangsa Indonesia saat ini
  4. Untuk mengetahui cara efektif untuk mengembalikan jati diri bangsa Indonesia

 
G.    Metode Penulisan
          Metode yang akan digunakan dalam penulisan dan pengumpulan data dalam makalah ini yaitu di lakukan dengan sistim dokumentatif, yaitu mengambil referensi bahan dari berbagai sumber yang relefan kemudian menganalisisnya sesuai dengan kasus yang kami angkat.
 
H.    Batasan Masalah
          Dalam Pembuatan Makalah ini, penulis hanya akan mengulas dan membatasi masalah seputar:

  1. Definisi dari Identitas Nasional Indonesia
  2. Jati diri bangsa Indonesia yang sesungguhnya
  3. Kondisi jati diri bangsa Indonesia saat ini
  4. Cara mengembalikan jati diri bangsa Indonesia

I.       Manfaat Penulisan
          Ada beberapa manfaat yang bisa diambil dri penulisan makalah ini yaitu:

  1. Bagi penulis

          Manfaat yang bisa diambil oleh penulis yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai definisi bangsa Indonesia, jati diri bangsa Indonesia yang sesungguhnya, kondisi jati diri bangsa Indonesia saat ini, dan cara mengenbalikan jati diri bangsa Indonesia. Sehingga penulis dapat megapresiasikan pengetahun tersebut dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka terbentuknya jati diri bangsa indonesia yang sesungguhnya.

      2. Bagi Mahasiswa

          Manfaat yang bisa diperoleh bagi mahasiswa yaitu sebagai salah satu acuan untuk memahami materi kuliah mengenai identitas nasional Indonesia. Serta agar menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari baik pada diri mereka sendiri maupun menularkannya kepada orang lain demi terwujudnya jati diri bangsa indonesia yang sesungguhnya yang bisa membawa kita menjadi manusia yang Excellent with Morallity.

1 Komentar

HtlVoZmilmVBQnPhkT

pada : 16 January 2013


"That's a brilliant aneswr to an interesting question"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :