MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Contoh Latar Belakang

diposting oleh alhada-fisip11 pada 20 April 2012
di Umum - 1 komentar

 

Peningkatan Penggunaan Kereta Api pada Arus Mudik Leberan Untuk Mengatasi Masalah Kemacetan dan Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia  

 

A.    Latar Belakang

            Sesuai dengan data yang dicatat oleh PT Kereta Api Indonesia jumlah penumpang kereta api pada arus mudik lebaran tahun ini mengalami penurunan hingga 12%. Data menunjukkan bahwa jumlah pengguna transportasi kereta api pada arus mudik tahun lalu mencapai 55.164 orang  sementara tahun ini tercatat sebanyak 49.500 orang. Penurunan jumlah pengguna kereta api ini diakibatkan karena pengurangan jumlah gerbong kereta api baik kereta api bisnis maupun ekonomi. Penurunan jumlah pengguna kereta api ini secara otomatis akan berdampak pada semakin tingginya penggua alat transportasi lain sebab jumlah pemudik tahun ini tidak lebih sedikit namun sebaliknya yaitu semakin besar. Data dari kepolisian RI menunjukkan bahwa angka kecelakaan bagi pemudik pengguna jalan raya baik yang bersepada motor maupun yang menggunakan mobil tahun ini meningkat hingga 33,08% dari tahun lalu. Tahun ini tercatat sebanyak 4.006 kasus kecelakkan sementara tahun lalu tercatat 3.010 kasus. Dari data diatas menunjukkan bahwa penurunan pengguna jasa kereta api tahun ini memicu naiknya pengguna jalan raya yang berakibat semakin banyaknya angka kecelakaan.

            Menurut Mareta, kepala humas kereta api daerah 1 penururunan jumlah pengguna kereta api ini disebabkan karena pembatasan jumlah penumpang per gerbongnya. Setiap rangkaian kereta baik Ekonomi Maupun Bisnis dan Eksekutif hanya menampung 150 penumpang per gerbong. Selain itu adanya himbauan dari petugas kereta api untuk tidak memaksakan diri menaiki kereta api jika kapasitas gerbong sudah penuh. Sebab jika kapasitas kereta api sudah penuh pihak kereta api tidak akan memberangkatkan kereta api di stasiun berikutnya. Hal inilah salah satu penyebab penurunan jumlah pengguna kereta api pada arus mudik tahun ini.

            Dalam kenyataan yang terjadi pada masyarakat khususnya yang tingkat ekonominya menegah ke bawah dari hasil wawancara kelompok kami penggunaan kereta api untuk arus mudik merupakan transportasi paling diminati sebab tarifnya yang sangat terjangkau yang tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Selain itu pengunaan kereta api merupakan transportasi darat yang tidak terkena macet dan tidak perlu menyetir kendaraan sendiri. Sehingga apabila kereta api dapat dipergunakan secara maksimal pasti akan berdampak pada berkurangnya jumlah kendaraan bermotor di jalan raya sehingga angka kecelakaan lalu lintas juga dapat ditekan. Karena masyarakat pasti banyak yang lebih memilih menaiki kereta api dari pada transportasi lain untuk arus mudik. Jika pelayanan kereta api dapat di buat senyaman mungkin seperti di negara Jepang yang super cepat, nyaman, dan tidak pernah terlambat lebih dari 2 menit.

            Menurut pendapat penulis sebaiknya penggunaan kereta api di Indonesia harus dimaksimalkan dengan pelayanan yang nyaman dan memuaskan pengguna serta kapasitas yang lebih besar agar dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh terlalubanyaknya jumlah pengguna kendaraan bermotor di jalan raya. Karena dengan beralihnya para pengguna jalan raya ke kereta api pasti kemacetan di Indonesia yang hampir setiap tahunnya terjadi pada arus mudik akan dapat diatasi dan anggka kecelakaan otomatis juga bisa di tekan. Karena negara Jepang saja sudah bisa memanfaatkan kereta api dengan maksimal negara kita ini juga harus bisa mencontoh teknologinya karena di Indonesia sendiri orang-orang jenius dibidang tehnik khususnya perkeretaapian juga ditak sedikit pasti kalau negara bersedia mendukung dan membiayai keadaan perkeretaapian di negara kita ini masalah-masalah yang timbul akan dapat diatasi.

            Keingintahuan penulis untuk memecahkan masalah seputar transportasi pasca arus mudik di Indonesia ini khusunya dalam bidang peningkatan penggunaan kereta api, maka dalam kesempatan kali ini penulis ingin meneliti lebih jauh bagaimana cara meningkatkan penggunaan kereta api untuk mengatasi arus mudik di Indonesia.

 

 

 

1 Komentar

vjBYgHIjLXgJ

pada : 23 July 2012


"说:Since the Monster dre beats headset can not smiulate the sound of the rear, monster beats there is no diffraction effects of the human ear, the sound field in front of largely distributed in the range of 180 degrees,dr dre beats all the sound elements (such as musical instruments) are evenly distributed within this range, from near and far from uniform. Beats by dre The reason to draw such a map,Monster beats bydre not to say that the only way the sound field distribution is correct, but to facilitate discussion of a hypothetical,dr dre beats assume that the distribution of various musical instruments is indeed the case,beats by dre and through the sound system is the ideal way to restore Beats by dre sale."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :