MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Kebesaran Hati

diposting oleh alhada-fisip11 pada 20 April 2012
di Naskah Drama - 4 komentar

 

Sinopsis:

 

         Suasana pagi hari yang cerah, ternyata tidak membuat hati Rida, seorang gadis remaja yang akan memasuki bangku SMA dengan bersemangat. Rida nampak murung dengan memakai seragam SMP dan memakai kelengkapan peraturan mengikuti MOS. Lain halnya dengan Venus, remaja laki-laki tampak bersemangat memasuki bangku SMA. Kebetulan Venus dan Rida terdaftar sebagai calon siswa di sekolah SMA 4 Bakti Jaya. Rida merasa gundah karena ia tidak membawa ATK yang diperintah OSIS dengan lengkap. Dengan datng tergesa-gesa Rida menuju halaman belakang sekolah. Beberapa OSIS mengetahui Rida tidak membawa ATK yang sudah ditetapkan. Sialnya Rida datang terlambat. Ketika itu, semua peserta MOS sudah bersiap semua untuk mengikuti arahan dari OSIS. Hanz, Vivi, dan Rendy adalah anggota OSIS yang sangat kejam. Mereka langsung menghukum Rida untuk berlari mengelilingi lingkungan sekolah dengan mengatakan “Aku Gila”. Dengan berat hati Rida harus melakukan hal itu. Ada lagi Meta, ia harus menerima hukuman mengelilingi lingkungan sekolah untuk mencari sampah plastik akibat dari ia tidak membawa ATK secara lengkap. Setelah Rida mengikuti hukuman itu, para anggota OSIS menanyakan mengapa ia tidak membawa ATK dengan lengkap. Dengan air mata berlinang ia menjelaskan bahwa ibunya kemarin baru mengalami kecelakaan, terpaksa ia seharian menunggui ibunya yang dirawat di rumah sakit.

         Keesokan harinya adalah hari ke-2 MOS diadakan acara perkenalan dan bermalam di sekolah. Peserta MOS dibagi menjadi 6 kelompok dalam 1 kelas. Mereka mendirikan tenda di halaman belakang sekolah. Rida berkelompok bersama Amel, Puput, Chory, Fanda dan Lusi. Malam itu adalah malam minggu. Masing-masing regu harus mencari bendera warna merah disekitar lingkungan sekolah. Begitu juga dengan kelompok Rida. Kelompok Rida dinamai dengan kelompok Elang dan kelompok Venus, Rengga dan Fandi adalah kelompok Rajawali. Dalam pencarian bendera itu, kelompok Elang yang terdiri dari Rida dan kawan-kawannya gelisah dan merasa takut karena Rida mengalami kesurupan. Akhirnya regu Elang minta pertolongan , semua terkejut mendengar kejadian itu. Venus yang memiliki kealian dibidang spiritual dapat mengusir roh jahat yang bersemanyam ditubuh Rida. Setelah Rida sadar semua merasa lega. Akibat dari bantuan Venus, Rida merasa selalu ingin dekat dengan Venus. Setelah MOS selesai, akhirnya Venus dan Rida menjadi dekat, mereka sering belajar bersama. Sampai-sampai banyak teman perempuan iri kepada Rida. Rida akhirnya berniat memperkenalkan Venus kepada ibunya. Ternyata Venus adalah orang yang tidak bertanggung jawab karena telah menabrak lari ibunya. Rida tidak menyangka Venus bisa melakukan hal itu. Venus merasa bersalah besar dan meminta maaf kepada Rida dan ibunya. Venus berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya. Akhirnya Ibu Wati dan Rida mau memaafkan kesalahan Venus. 

 

 

 

 

 

Naskah Drama:

 

(J-Rocks Þ Ceria)

Rida             : (Berlari tergesa-gesa menuju halaman belakang sekolah)

Hanz            : Wah-wah….. . Hey temen-temen ternyata ada anak baru yang  berani datang terlambat.

Vivi              : Siapa Hanz?

                   (Datang menghampiri Hanz)

Hanz            : Nama kamu siapa? Kamu tau waktu nggak, udah siang gini baru datang?

Rida             : Maaf kak saya terlambat. Nama saya Rida.

                   (Sambil ketakutan dan menunduk)

Vivi              : Nggak usah banyak ngomong. Hanz, Ren, gimana kalau enaknya cewek ini kita beri hukuman?

Rendi           : Ya, iyalah harus diberi hukuman. Sekolah itu pake aturan dong.

Hanz            : Kita beri aja dia hukuman yang setimpal dengan perbuatannya.

Vivi              : Datang jam 8, hebat banget ya? Sekarang, cepat kamu keliling seluruh lingkungan sekolah cepat? Lari!

Rida             : Baik kak.

                   ( Berlari mengelilingi lingkungan sekolah)

Hanz&Rendi : Jangan lupa sebanyak 25 kali.

(Hijau Daun Þ Selalu Begitu)

 

Beberapa saat kemudian.

Rendi           : Eh temen-temen, ada anak yang terlambat lagi nih!

Hanz            : Langsung aja Ren, suruh berlari sebanyak 25 kali ditambah cari sampah plastik pake tas kresek.

Vivi              : Heh anak baru, kamu dengerin tuh yang diperintahkan kakak Hanz.

Meta           : Iya kak.

Rendi           : Cepat lari jangan banyak omong.

Meta           : (Berlari mengelilingi lingkungan sekolah)

(J-Rocks Þ Meraih Mimpi)

 

Setelah Rida dan Meta melaksanakan hukuman lari.

Hanz            : Sekarang waktunya pembacaan ATK.

                   (Satu persatu ATK dibacakan)

Rendi           : Awas kalau sampai ada yang melanggar aturan!!

Setelah selesai pembacaan ATK.

Vivi              : Rida, mengapa banyak sekali ATK yang tidak kamu bawa?

Rendi           : Udah dateng telat, ATK nggak lengkap.

Rida             : Maaf kak. (Sambil menunduk)

Vivi              : Maaf maaf, emang Cuma kata maaf cukup buat ganti kesalahan terbesar kamu hari ini?

Rida             : Tidak kak. (Sambil memelas)

Hanz            : Alasan kamu apa? Kenapa kamu banyak melanggar aturan MOS hari ini? Jawab jujur!

                   (Membentak)

Rida             : Ibu saya kemarin baru kecelakaan, saya harus menungguinya di rumah sakit. Dan tidak sempat mencari ATK yang begitu banyak jumlahnya.

Vivi              : Apa nggak ada ayahmu yang secara bergantian menunggui ibumu?

Rida             : Ayah saya telah lama tiada.

Rendi,Vivi,Hanz      : (Terdiam dan berfikir sejenak)

Redi             : Baiklah kami bisa terima alasan kamu.

Vivi              : Ren, nggak bisa gitu dong! Namanya nggak punya tanggung jawab tuh!

Rendi           : Udahlah Vi.

Rio               : Untuk agenda besok diadakan acara bermalam disekolah. Untuk hari ini acaranya cukup sekian.

Doni             : Sebelum meninggalkan sekolah kita berdoa menurut kepercayaan kita masing-masing. Berdoa mulai.

 

(Paterpan  Hari yang Cerah untuk Jiwa yang Sepi)

Keesokan harinya, semua peserta mos jam 18.00 sudah hadir di sekolah.

Rio               : Assalamualaikum Wr. Wb.

Semua peserta MOS       : Waalaikumsalam Wr. Wb.

Rio               : Malam ini akan diadakan perkenalan lingkungan sekolah. Kebetulan lingkungan sekolah kita sangat luas. Untuk agendanya akan disampaikan oleh kak Doni.

Doni             : Baiklah untuk malam ini semua peserta MOS harus mencari bendera warna merah yang ditaruh ditempat tersembunyi disekitar lingkungan sekolah.

Vivi              : Sebelumnya akan dibagi menjadi 6 kelompok.

Setelah pembagian kelompok.

(Kerispatih Þ Aku Ada Disini)

         Kelompok Elang yang diketuai oleh Rida berkeliling mencari bendera warna merah begitu pula dengan kelompok Rajawali. Tiba-tiba Rida berteriak-teriak dan ia kesurupan.

Puput           : Kita harus mencari bantuan teman-teman untuk membantu Rida.

Fanda           : Ya, sudah kamu cari teman-teman.

         Rida bertingkah tidak karuan dan teman-teman kelompoknya semua merasa ketakutan.

Puput           : Venus, tolong Rida sekarang mengalami kesurupan di dekat mushola sekolah.

                   (Ketika bertemu dengan kelompok Elang)

Rangga         : Ha… Rida kesurupan?

Fanda           : Wah kebetulan Venuskan ahlinya.

Venus           : Mari kita menuju tempat Rida.

         Dengan bantuan Venus akhirnya roh jahat yang bersemayam ditubuh Rida bisa dikeluarkan. Sejak saat itu Rida dan Venus menjadi semakin dekat dan banyak teman perempuan menjadi iri.

(Letto Þ Senyumanmu)

Venus&Rida  : (Berbincang-bincang berdua)

Lusi             : Eh liat tuh Si Rida keganjenan deket-deket sama Venus.

Sella            : Dasar cari muka tuh anak. Cantik juga enggak.

(Ketika melihat Venus dan Rida akrab  sedang berdua duduk dihalaman belakang sekolah)

Rida             : Venus, aku ingin memperkenalkan kamu dengan ibuku. Sekaligus sebagai tanda terima kasih karena kamu telah menolongku waktu kesurupan kemarin.

Venus           : Kapan Rida?

Rida             : Kapan kamu ada waktu luang?

Venus           : Nanti aja sepulang dari sekolah.

Rida             : Baiklah kalau brgitu.

Sepulang dari sekolah Venus bersama Rida menuju rumah Rida.

(Lyla Þ Jantung Hatiku)

Rida             : Assalamualaikum

                   (Melihat Rida datang bersama Venus ibu Wati terkejut)

Rida             : Ibu kenalkan ini teman Rida.

Ibu Wati     : Kamu yang menabrak lari saya waktu itu kan?

Venus           : Maafkan saya Bu, saya telah menabrak ibu kemarin. Saya tergesa-gesa tidak sempat tanggung jawab.

Rida             : Venus aku tidak menyangka kamu bisa melakukan hal itu.

Venus           : Saya akui, saya memang salah. Tidak seharusnya saya berbuat seperti itu.

Rida             : Kenapa kamu bisa melakukan itu pada ibuku?

Venus           : Waktu itu aku dibonceng oleh kakakku dan dia sedang mabuk. Sehingga tidak dapat mengendalikan diri waktu nyetir mobil. Aku tidak dapat berbuat apa-apa untuk menolong ibu kamu.

Ibu Wati     : Sudahlah nak, ibu bisa mengerti dan lagi pula sekarang ibu sudah sembuh.

Venus           : Sekali lagi saya minta maaf yang sebesarnya kepada ibu dan Rida. Rida, kamu masih mau kan bersahabat denganku?

         Rida terdiam sejenak dan berfikir, namun akhirnya kalimatpun keluar dari bibirnya.

Rida             : Ya sudahlah, aku memaafkan kesalahanmu. Aku mengerti semua orang pasti pernah berbuat salah. Dan kita tetap bersahabat kok.

Venus           : Terima kasih Rida dan juga ibu atas kebesaran hati yang kalian miliki untuk memaafkan aku.

Rida&Ibu     : Iya sama-sama.

Ibu              : Lain kali, jangan kamu ulangi lagi perbuatanmu ya nak? Belajarlah jadi laki-laki yang bertanggung jawab.

Venus           : Insyaallah bu, aku akan berusaha jadi orang yang bertanggung jawab.

Akhirnya hubungan Rida, Venus dan Bu Wati menjadi semakin akrab.

(Nidji Þ Tuhan Maha Cinta)

 

 

Amanat :

  1. Bertanggung jawablah atas perbuatan yang telah kita lakukan.
  2. Janganlah suka menggunjingkan orang lain.

4 Komentar

KOoDLtkBhxkzvMv

pada : 21 July 2012


"Needed to write you one very small observation to flainly give thanks over again about the spectacular things you have provided in this article. It has been quite pretty open-handed with people like you in giving easily just what a number of us might have offered for sale for an e-book to end up making some bucks for their own end, particularly since you could have tried it in case you decided. These techniques likewise acted to provide a great way to realize that the rest have the identical passion similar to my own to know the truth more with reference to this issue. I'm certain there are lots of more pleasant occasions ahead for individuals who scan through your blog post."


gLQlSERkpj

pada : 23 July 2012


"One more thing. In my opinion that there are many trvael insurance web-sites of respected companies that allow you to enter your journey details and acquire you the insurance quotes. You can also purchase your international trvael cover policy on-line by using your credit card. All you should do is to enter all trvael specifics and you can begin to see the plans side-by-side. Merely find the plan that suits your budget and needs after which use your credit card to buy the item. Travel insurance on the web is a good way to start looking for a respected company for international holiday insurance. Thanks for revealing your ideas."


BUQYNpZOaAbVZMuNjCH

pada : 14 January 2013


"Great artcile, thank you again for writing."


fufameCylXI

pada : 16 January 2013


"Whvoeer wrote this, you know how to make a good article."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :