MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Cari Jodoh

diposting oleh alhada-fisip11 pada 20 April 2012
di Naskah Drama - 3 komentar

DramaSumber gambar: http://1.bp.blogspot.com/_ReWuEqRBpBE/TBdCdobmR-I/AAAAAAAACfQ/AOi0E4_8zZo/s200/6.jpgKomedi,,

 

 

TOKOH

 

Anik            : Luna

Asfiatul        : Maya

Asma’          : Ante

Ayu               : Simbok Inem

Candra        : Penari

Cici              : Pemain Musik

Dedeh          : Suri

Desi             : Penari

Dian            : Penari

Dini             : Penari

Efsi              : Tari

Bagas          : Pemain musik

Devin           : Olga

Eight            : Rafi

Elfan           : Miko

Heni             : Bejo

Darul           : Dahsyat

Al-hada        : Aleks

 

 

Sinopsis :

 

Alkisah disebuah desa bernama desa wali seorang wanita tua bernama Mbok Inem mempunyai dua orang anak putra bernama Olga dan Rafi. Dua saudara tersebut merupakan saudara kandung namun mereka mempunyai wajah yang jauh berbeda, Rafi tampan dan Olga cukup jelek. Sementara Rafi (adiknya olga) sudah mempunyai pasangan namun si Olga sampai saat ini belum laku-laku juga.

            Mereka semua mempunyai seorang kepala desa bernama bapak Dahsyat dengan istrinya bernama Ibu Ante. Kepala desa ini mempunyai tiga orang putri bernama Luna, Maya, dan Tari. Hanya si bungsu (Tari) yang sampai saat ini belum punya pasangan. Untuk itu kepala desa mengadakan saembara kepada seluruh jejaka dari warga desa Wali untuk menunjukkan bakatnya didepan umum.

            Mendengar berita tersebut, akhirnya Olga dengan perasaan takut mengikuti sayembara tersebut. Akhirnya karena lawannya lebih tangguh, Olga kalah bersaing dan nasibnya tetap belum mendapatkan jodoh. Karena hal itu Olga menjadi sangat terpukul dan berusaha bunuh diri. Namun karena takut mati Olga memurungkan niatnya untuk bunuh diri. Dan dia berusaha mendengar nasihat mboknya agar bersabar dalam mendapatkan pasangan hidup.

 

 

Naskah Drama

 

          Alkisah disebuah desa bernama desa wali terdapat sebuah rumah yang cukup sederhana yang ditinggali oleh seorang janda tua bernama Mbok Inem dan kedua putranya Rafi dan Olga. Suatu pagi…

(Musik_”Kampung halamanku”)

(kicauan burung)

Olga    : (berjalan dihalaman rumah sambil membawa burung kesayangannya).

Rafi     : (menyapu sambil berdendang lagu jawa).

Olga    : (menggerutu) kapan ya aku punya pacar?

               Sepertinya tinggal aku sendiri yang belum punya pacar di desa ini. Rafi dan teman – temanku semua sudah pada punya pacar. Kalau aku sudah punya nanti,,, ada yang manjain, memperhatiin, dan menemani, hi,,,,hi,,,,hi,,,, (tertawa) ah,,,, indahnya!

Rafi     : ada apa to mas? Dari tadi aku perhatiin kok bicara sendiri, kayak orang edan aja.

Olga    : apa to kamu!? Kecil-kecil ikut urusan orang saja!

Rafi     : Biarin! Yang penting gak kayak orang edan!

Olga    : (menggerutu) huft!

Mbok   : (berteriak dari belakang) le… cah bagus! Dimana to kalian ini? Olga kamu

  dimana? Oalah…!!! Ini lho kayunya dibelakang sudah habis..

Rafi     : itu lho, kamu dipanggil si mbok!

Olga    : (melamun)

Mbok   : olga…!! Kalau dipanggil ya nyaut gitu lho, biar si mbok gak bingung nyariin

  (kesal)

Rafi     : iya mbok, dari tadi bengong dan ngomong sendiri kayak orang edan.

Mbok   : sudah…sudah! Kamu ke belakang sana cucian masih banyak.

Rafi     : tapi saya mau ketemuan sama si Putri mbok!

Mbok   : ya sudah, gak pa-pa tinggalkan saja,,, tapi nanti sehabis ketemuan harus dicuci

  Semuanya!

Rafi     : yess…!! Beres mbok…

Olga    : ada apa to mbok? (bangun dari lamunannya).

              Kok teriak – teriak kayak orang bingung! Ganggu orang saja! (kecewa).

 

 

Mbok   : kayu dibelakang itu lho sudah habis semua. Kita juga belum mendapat jatah gas

  dari pemerintah! Cepetan kamu cari kayu sana jangan Cuma melamun, orang kok gak kreatif!

Olga    : (ngrayu dan sedikit manja) mbok….mbok! kapan ya aku punya pasangan?

  Yang bisa mijitin aku, bisa mbantu simbok. Mbok… aku pengen,,, udah gak tahan (berlagak cengeng)

(Musik_ “Simbok aku pengen dikawenne”)

Mbok   : Heh….! (membentak) kamu itu masih ingusan, sekolah aja belum lulus ! Durung

  wayae le…. (sambil menjewer)

Olga    : Iya-iya mbok! Tapi jangan njewer to, di sekolah aja aku gak pernah di jewer.

Mbok   : Le….!! (menasehati) kamu itu kalau mau menikah harus punya penghasilan  

  dulu, mau kamu kasih makan apa nanti anak dan istrimu.

Olga    :Lha, teman-temanku semuanya sudah pada punya pacar. Tapi aku,,, sudah   berusaha ikut kontak jodoh, katakana cinta, sampai take me out, tapi,,, Ah mbok tahu sendirikan, siapa yang mau sama aku. Duh Gusti apa salahku??

(Musik_ “Apa Salahku” )

Mbok   : (tersenyum, berusaha menenangkan) Sudah lah le,,,, selesaikan dulu

sekolahgmu. Nanti kalau sudah waktunya, kamu sudah kerja pasti dapat. Tuhan   

itu maha adil.

Olga    : Nggih mbok…!!!

Mbok   : Ya sudah,,, mbok tak kebelakang dulu,,, kayu bakarnya nanti  jangan sampai

  lupa!

Olga    : Ya mbok!

(Musik_Dialova)

Beberapa menit kemudian teman-teman  Olga datang lewat depan rumahnya.

Aleks   : Wah katanya kepala desa mau mencari jodoh buat anak bungsunya yang cantik     

  itu

Mino    : Masak?

Aleks   : Iya, aku kemarin denger dari pak Rt.

Miko    : Kalau begitu bagaimana kalau kita ikut saja! mencoba,,,.

              Siapa tahu keberuntungan menyertai kita

Aleks   : Wah, ide bagus tu.

Olga    : E,,,e,,,e,,,e,,,!!! Tunggu-tunggu, kalian tadi bicara apa?

              Dengar-dengar ada seyembara mencari jodoh , dimana?

Miko    : Iya,  bapak  kepala  desa   mengadakan   acara   “ Wali’s  got  talent ” dan  yang

  menang akan dijodohkan sama anak bungsunya yang cantik itu. Si Tari

Olga    : (melamun) ikut gak ya!? Emm…

Aleks   : Eh, kamu mau ikut sayembara itu juga to olga?

Olga    : ya, emangnya kenapa? (takut)

Miko    : ha,,,,ha,,,,ha,,,, kamu ikut! Gak salah,,,! Nyalimu gede juga.

Olga    : lho, bukannya semua boleh ikut. Apa aku salah!

Aleks   : ya salah!

Miko    : tau gak! Sayembara ini berlaku untuk yang mempunyai wajah ganteng dan kaya.

Aleks   : kaya kita-kita gini loch!

Miko    : wajah kamu belum audisi sudah dieliminasi. ha,,,ha,,,ha,,,

Olga    : bagaimana kalau kita bersaing!

Aleks & Miko : siapa takut…! (bergegas pergi)

(musik_pejantan tangguh)

Olga    : aku harus buktiin (pergi ke belakang panggung)

(penari menarikan lagu jawa)

(setting berubah menjadi di taman kota)

Dahsyat  : (memasuki panggung)

                 (diikuti Ante, Luna, Maya & Tari serta 2 orang pengawal)

Dahsyat  : pengawal,,, apa semua sudah siap?

Bejo        : siap tuan,, tinggal “teng” saja!

Tari         : aku sudah gak sabar ni papi!

Ante       : yang sabar to dok…!!!

Luna       : Pi, cepetan dimulai dong,, adik sudah gak sabar nich…!!

Tari         : kira-kira cowok yang jadi pendampingku nanti kayak apa ya?

Aku kepingin yang tinggi, putih, gagah. Pokoknya jelek gak papa yang penting seukuran Ariel paterpan, Pasha Ungu,,, he…he…he… iya kan kak!? (senyum - senyum)

Maya      : Iya! semoga kamu dapat yang cakep

Dahsyat  : Pengawal,,, segera mulai acaranya!

Bejo        : Baik tuan

                 (memukul lonceng) teng,,,teng,,,teng,,,!

Dahsyat : Para wargaku,,, inilah saatnya saembara dalam rangka mencari pasangan hidup putri kesayanganku dimulai. Para pangeran desa ini,,, Tunjukkan bakatmu…!!

Suri         : Baiklah,,, Untuk yang pertama kita tampilkan peserta dari kota dingin Kentrung, ia adalah putra dari pak lurah kentrung. Dia mempunyai kebun seluas 4 hektar, peternakan sapi, dan sepuluh cikar. Inilah Aleks,,, tunjukkan bakatmu…!!!

Aleks      : (bernyanyi dengan keren) (lagu “Suka Sama Kamu”)

Suri         : selanjutnya peserta dari kota panas nglegok, ia anak pak camat Nogro. Dia

                 mempunyai kolam ikan mujair seluas 5 hektar, dan tiga mobil kijang, kita

                 sambut Miko,,, tunjukkan bakatmu…!!!

Miko       : (bermain gitar dengan keren) (Instrumen “Manusia Biasa”)

Suri      : Dan inilah peserta terakhir kita, dia tidak kalah dengan yang lainnya, dia mempunyai kebun rumput, peternakan marmut, dia juga mempunyai wajah terjelek di desa Wali. Kita sambut Olga…!!!

Penonton: hu,,,hu,,,hu,,, (bersorak menghina)

Tari         : siapa tu jelek banget, eh pengawal ! kenapa orang gila kayak gini kamu suruh

                 masuk ke sini.

Bejo        : Maaf putri saya juga tidak tahu,,,

Ante       : biarkan saja dok,,, kita lihat saja dulu (menenagkan)

Luna & Maya  : hiiii,,,,, (jijik)

Olga    : (Berjalan dengan senyum-senyum) (menarikan sebuah jogetan amburadul) (Musik Cinta Satu Malam)

Suri         : sambil menunggu keputusan dari kepala desa kita sambut tarian tradisional

                 dari para penari kondang desa ini. Inilah tari gambyong!

(penari menarikan tarian tradisional)

Dahsyat  : setelah menimbang, melihat, dan memilih akhirnya diputuskan bahwa peserta

                 yang berhak mendampingi putri Tari adalah saudara Aleks…!!!

Aleks      : (kegirangan)

Aleks & Tari    : (berjalan ke belakang panggung dengan mesra)

(musik_my heard)

Dahsyat  : terima kasih wargaku, sampai jumpa pada sayembara berikutnya, mencari

                 jodoh untuk cucuku nanti…

   (Berjalan ke belakang panggung dan diikuti oleh seluruh peserta, sementara Olga ditinggal sendirian di panggung)

Olga       : (bersedih, kecewa, diam, melamun)

Mbok      : (datang menghampiri) Yang sabar le,,, mbok sudah melihat semuanya,

                 meskipun kamu ikut sayembara ini tidak izin kepada si mbok.

               Orang sabar itu disayang gusti Allah…

Olga       : tidak…!!! (berteriak keras)

                 Olga mau bunuh diri saja (berteriak dan lari ke belakang panggung).

Mbok      : jangan nak…!!!

                 (berlari menyusul dan tersandung jatuh)

                 Jangan lakukan hal itu nak,,, (menangis merintik)

(musik_Umi)

Olga       : (datang dengan malu-malu)

     Olga mau bunuh diri tapi takut mati mbok…!!!(menangis agak tertawa) (ekspresi lucu)

Mbok      : sini nak Simbok beri tahu,,, bunuh diri itu dosa besar…

                 Kamu harus ikhlaskan semua ini. Mungkin dia memang bukan yang terbaik

                 untukmu. Percayalah suatu saat kamu pasti akan mendapat jodoh yang terbaik

                 untukmu.

Olga       : iya mbok (suasana haru)

(musik_ cari jodoh)

 

~SELESAI~

 

 

Amanat      :

  1. Jika kita hendak melaksanakan suatu urusan kita harus minta izin dan restu dari orang tua agar urusan kita tersebut dididhoi oleh Allah.
  2. Kita tidak boleh mudah putus asa, sebab kegagalan merupakan keberhasilan yang tertunda asalkan kita mau berusaha lebih giat lagi.
  3. Kita harus berusaha ikhlas menerima apa yang telah terjadi pada diri kita, sebab apa yang terjadi tersebut adalah yang terbaik untuk kita yang telah Allah rencanakan sebelumnya.

 

Motto :

Saat Allah menjawab do’amu, ia menambah imanmu,

Saat Allah belum menjawab do’amu, ia menambah kesabaranmu, dan

Saat Allah menjawab, tapi bukan do’amu, ia memilih kan yang terbaik untukmu.

3 Komentar

jHjHuhOiOCJj

pada : 21 July 2012


"Hello there, I just completed the HD561 with Olga and it was an eye-opening class and I have giaend so much insight to myself and the way I view others now. It is even better.I listened to the audio from Olga and it just pulled everything together. It is not just about food, faces, and festivals. So simple the statement but oh so much power behind this statement.Thanks Olga"


oFQFykCeJlftT

pada : 16 January 2013


"I'm so glad that the internet allwos free info like this!"


kontak jodoh

pada : 03 October 2015


"Ya Allah karuniakanlah kami jodoh yg sholeh/sholehah"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :