MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Kuliah Umum Awal Masuk Fisip UNAIR

diposting oleh alhada-fisip11 pada 20 April 2012
di Umum - 1 komentar

 

REVIEW

STUDIUM GENERAL

OLEH Prof. Dr. Hotmann Siahaan

 

            Pada mulanya  fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Universitas Airlangga merupakan pengembangan dari fakultas ilmu sosial dengan program study hanya satu yaitu Sosiologi. Dikarena peraturan Universitas pada waktu itu yang melarang berdirinya fakultas dengan hanya satu jurusan, maka fakultas ilmu sosial yang hanya berprogram study satu dirubah menjadi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik dengan program study Sosiologi, Ilmu Politik, Psikologi, dan Sastra. Kemudian karena program study Psikologi dan Sastra sudah menjadi besar maka program study tersebut mendirikan fakultas sendiri yang sekarang disebut fakultas psikologi dan fakultas ilmu budaya.

            Dalam FISIP, Sosiologi merupakan program study pertama yang dilahirkan karena pada waktu itu ilmu sosiologi merupakan ilmu yang sangat penting yang di butuhkan untuk membangun negara indonesia yang baru saja bebas dari penjajah. Karena dengan ilmu sosiologi diharapkan mampu melahirkan bibit-bibit manusia unggul yang mampum befikir kritis dan tidak percya begitu saja dengan apa yang terjadi pada kenyataannya. Sebab dalam suatu kenyataan pasti dibelakangnya ada sesuatu yang mungkin lebih penting dan lebih berpengaruh terhadap kehidapan masyarakat. Masalah seperti itu dapat dipelajari dan dipecahkan dengan sosiologi sebab sosiologi merupakan ilmu revolusi yaitu ilmu yang mempersoalkan semua yang dianggap konflik/konsensus/menyimpang. Sehingga pada zaman penjajahan Belanda  ilmu sosiologi tidak boleh diajarkan kepada masyarakat Indonesia dengan alasan pemerintah belanda takut masyarakat Indonesia akan mempersoalkan segala kebijakan pemerintah Belanda dan akan menentang pemerintah Belanda.

            Secara umum sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara individu dengan individu, individu dengankelompok, dan kelompok dengan kelompok. Dasar ilmu yang dipelajari dalam sosiologi yaitu mengenai stuktur dan kultur masyarakat. Struktur berhubungan dengan tingkat/darajat/pangkat sosial masyarakat seperti contohnya stuktur sosial masyarat desa yaitu ada kepala desa, kamituwo, carik, modin, ketua RW, ketua RT, dan sebagainya. Kemudian kultur berhungan dengan kabudayaan yang dianut oleh masyarakan. Seperti contahnya budaya mudik yang sepertinya telah menjadi budaya wajib yang dilakukan oleh masyarakat indonesia dan mereka telah menganggap hal ini sebagai suatu hal yang sangat penting dan harus dilakukan walaupun harus berkorban mati-matian untuk melakukan budaya tersebut.

            Sosiologi merupakan ilmu yang dibutuhkan di mana saja dan tidak ada kondisi yang tidak dapat dipelajari oleh sosiologi selama masih ada manusia di dunia ini. Maka dari itu ilmu sosiologi merupakan ilmu yang sangat penting untuk memecahkan persoalan-persoalan sosial yang semakin kompleks terjadi pada seluruh lapisan masyarakat. Sebat dengan berkembangnya peradaban karena berkembang pesatnya IPTEK masalah sosial yang perlu diadapi tidak semakin rinagan/berkurang melainkan akan semakin berkembang pula dengan masalah yang semakin rumit. Maka dari itu sosiologi merupakan ilmu yang bersifat statis/fleksibel yang dapat menerima perubahan sosial dara zaman ke zaman selama ada kehidupan manusia. Karena mau/tidak mau dengan semakin berkembangnya IPTEK maka semakin pesat pula perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat.

            Karena sosiologi merupakan ilmu yang sangat penting yang dapat mempelajari masalah-masalah yang timbul dari adanya perubahan sosial masyarakat,  maka kita sebagai mahasiswa sosiologi UNAIR harus benar-benar serius mempelajari program study kita tersebut demi tercapainya target yaitu melahirkan manusia-manusia unggul yang dapat merubah bangsa Indonesia ini menjadi bangsa yang damai, aman, tentram, dan sejahtera serta sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa kita terdahulu yaitu yang sesuai dengan Pancasila, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, dan UUD 1945. Selin itu sebagai jurusan tertua di FISIP, kita harus menjadi mahaiswa terbaik dengan pengetahuan yang tinggi dan terutama mendapatkan IP tertinggi di bandingkan program study lainnya. Amiin...

            Demikian review yang dapat saya sampaikan sesuai dengan pendengaran, pengetahuan, pemahaman, dan penalaran saya yang bersumbar dari pidato (materi kuliah umum) yang disampaikan oleh Prof. Dr. Hotmann Siahaan. Semoga dapat bermanfaat dan bila ada kesalahan/kekhilafan kata saya mohon maaf. Terimakasih...

1 Komentar

pLsNQYMBBWibQCX

pada : 21 July 2012


"finally ..UPDATE ^^ Kualitas kedua, dalam proses menlius, kadang beberapa kali harus berhenti dan menggunakan rautan untuk menajamkan kembali pensil secara tidak sengaja pernah berpengalaman dengan Quote yg satu ini ..Karena modemnya ketinggalan dikantor ..semaleman gk bisa OL hehehe tapi ternyata disanalah momen untuk memakai rautan untuk menajamkan kembali pensil .(sepertinya sekali-kali memang harus menyengajakan diri menggunakan waktu hening seperti itu)"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :