MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

Human Body

diposting oleh alhada-fisip11 pada 20 April 2012
di Pengetahuan Akademik - 2 komentar

Sumber Gambar: http://3.bp.blogspot.com/-hnSoFYBzH2Q/TWd4N5QL3cI/AAAAAAAAACc/fURbe0FJPNA/s1600/pertumbuhan-anak.jpg

 

Tahap Perkembangan Tubuh Manusia

 

                     Empat Tahun pertumbuhan manusia yang begitu luar biasa, mulai dari merangak, berjalan, berbicara dan akhirnya menjadi seseorang yang luar biasa. Pada 4 tahun pertama otak dan bagian tubuh berkembang begitu cepat daripada seluruh tahapan di kehidupan manusia. Kita dapat membaginya menjadi 4 langkah pertumbuhan.

 

Langkah Pertama

 

                     Perjalan yang paling berbahaya dari seorang manusia adalah ketika ia dilahirkan dari rahim ibu menuju dunia luar yang berbahaya. Menurut penelitian yang dilaukan dari 20 orang bayi terdapat 1 orang bayi yang meninggal namun berkat kemajuan ilmu pengetahuan hal itu dapat diminimalisir. Bayi yang baru lahir memiliki jantung yang tidak sempurna sebab memiliki lubang di jantungnya namun lubang tersebut akan segera dtutup oleh darah dan menjadikan jantung itu sempurna. Menjaga daya tubuh bayi sangat penting sebab kemampuan bayi dalam megontrol suhu tubuhnya tidak dapat bekerja secara sempurna namun ini hanya berlaku untuk 6 bulan. Bayi juga memiliki keragka tengkorak yang masih rapuh.

 

                     Bayi akan memegang apa saja yang ada di sekitarnya dengan menyentuhnya, seorang bayi hanya akan mengandalkan refleks dan gerakan natural dari dirinya. Refleks bayi yang paling umum adalah meminum susu dari ibunya. Bayi yang baru lahir memiliki hal yang aneh dan dan belum terungkap yaitu refleks menyelamnya. Para ilmuwan berpendapat bahwa kemungkinan nenek moyang yang menurunkanya sementara yang lain berpendapat bahwa kemampuanini diperoleh ketika bayi berada di dalam rahim ibunya. Kemampuan ini akan menghilang dan akan diganti oleh gerakan refleks bayi yang disadarinya. Penglihatan bayi yang berumur kurang dari 2 bulan akan abur, kadang-kadang ganda, dan tidak fokus disebabkan oleh ketidakmampuan bayi untuk mengendalikan otot-otot yang ada di matanya. Pada saat inilah otak bayi diukir atau dibentuk, selama proses pembentukan ini seorang bayi memerlukan makanan selain susu lalu gigi-gigi bayi itu akan tumbuh dari rahangnya yang tersembunyi dan akan menembus gusi ketika usianya 6bulan.

 

Merangkak

 

                 Pada tahap ini bayi mulai mengaktifkan bagian mulutnya sebab mulut merupakan bagian yang peka selain tangan dan kaki. Bayi mulai mengerak-ngerakanbagian tubuhnya dan mulai merangkak. Merangkak merupakan keahlian dasar yang harus dimiliki seorang bayi dapat berjalan. Kecepatan merangkak seorang bayi menurut penelitian berkisar 2 Km/jam. Gaya merangkak yang paing dominan dan efisien adalah merangkak secara diagonal, yang mengabungkan stabilitas dan kecepatan,setelah merangkak bayi tidaktakut pada ketingian, bayi sudah memiliki cara untuk mengatasi segala hambatan dengan merangkak sesuai kesulitanya.

 

Berjalan

 

                 Kemempuan berjalan yang dimiliki oleh seorang bayi merupakan pengembangan dari kemampuan merangkak yang telah terlebih dahulu dipelajari oleh seorang bayi. Kemampuan berjalan tidak hanya berasal berasal dari kedua kakinya namun juga berasal dari kemampuan organ dibalik telinga, organ ini biasa disebut sebagai organ keseimbangan yangmemiliki 3 bagian yang setiap bagiannya memiliki tugasa masing-masing, yaitu yang berhubungan dengan gerakan berguling, maju, dan berputar. 

 

                 Keinginan, perasaan yang ingin diungkapkan oleh seorang bayi selain mengunakan isyarat tangan juga mengunakan kata-kata. Dunia ini dibangun oleh bahasa, ketika seorang bayyi belajar mengunakan kata-kata sebagai cara untuk menyampaikan keinginan dan perasaanya sebenarnya mereka mengunakan bagian otak yang berbeda sebab otak bayi berbeda dengan otak orang dewasa. Untuk mengucapkan suatu kata seorang bayi maupun manusia dewasa memerlukan alat yaitu pita suara. Pada bayi untuk mengeluarkan suara harus turun 3cm dari posisi normalnya. 1 suara memerlukan 30 koordinasi otot-otot yang berbeda.

 

                 Anak-anak sangat mudah menyerap kata-kata baru ataupun bahasa baru dan akan mempraktekanya di kehidupanya. Anak-anak sangat cepat belajar sebab menurut teori evolusi mereka selalu dihadapkan dengan bahaya, oleh sebab itu semakin mereka cepat menguasiai sesuatu maka itu adalah cara untuk membela dirinya. Semakin mereka menguasainya maka mereka akan menemukan kesadaran diri. Namun seringkali mereka menggunakan tantrumnya untuk memperoleh apa yang mereka inginkan.

 

                 Pada anak mereka mulai dapat mematuhi aturan dan memiliki kemampuan belajar yang cepat. Namun pada usia 3 tahun menurut penelitian anak mulai dapat berbohong, dari hasil penelitian anak yang memiliki tingkat IQ tinggi memiliki kecenderungan untuk berbohong sebab otaknya mulai berfikir rasional. Anak-anak yang paling cerdas bukanlah yang paling jujur, teori pikiran telah membuktikanya.

 

 

 

 

2 Komentar

ftTmRMhyOEvPIZo

pada : 21 July 2012


"wah saya juga ada rencana untuk lasik di Netra... mata saya hanya minus 1.75 degann silindris 0.75. Cuman karena tuntutan pekerjaan harus bermata normal tidak ada minus maupun silindris, jadi saya ingi mencoba lasik.trimakasih atas postingan pengalamannya, sunggh bermanfaat. :)"


XlsKSPvaAynMOveS

pada : 23 July 2012


"Ini pakai sudut pandang non-human chartcaer, mas. mungkin kluenya kurang ya karena emang banyak bagian yang dipotong. trims udah komen dan mampir"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :