MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

AYLA (Anak yang Dilacurkan): Studi Tentang Mekanisme Perekrutan Pekerja Anak di Industri Seks Komersial Jarak-Dolly Surabaya

diposting oleh alhada-fisip11 pada 04 December 2015
di Jurnal Sosiologi - 0 komentar

RINGKASAN


Pelacuran anak adalah salah satu masalah sosial yang membutuhkan perhatian khusus karena dampak yang akan ditanggung oleh anak korban pelacuran sangat serius baik kerugian maupun bahayanya bagi kehidupan masa depan si anak. Anak yang dilacurkan bukan hanya rentan terhadap hinaan, eksploitasi, penipuan dan marginalisasi, tetapi juga banyak diantara mereka yang tidak dapat menikmati hak memperoleh pendidikan yang layak, pemenuhan kebutuhan dasar, serta hak untuk berkembang secara sehat. Kondisi yang lebih memprihatinkan adalah anak-anak yang diperdagangkan berakhir dengan dieksploitasinya mereka menjadi pekerja seks komersial. Kajian cepat yang baru dilakukan ILO-IPEC pada tahun 2003 di Surabaya sendiri diperkirakan jumlah pekerja seks komersial di bawah 18 tahun sekitar 4.990. Namun jumlah ini dapat menjadi beberapa kali lipat lebih besar mengingat banyaknya pekerja seks komersial yang bekerja di tempat-tempat tersembunyi, ilegal dan tidak terdata.

 

Melihat realitas demikian, merupakan fenomena yang menarik untuk dilakukan penelitian terkait AYLA (Anak yang Dilacurkan): Studi Tentang Mekanisme Perekrutan Pekerja Anak di Industri Seks Komersial Jarak-Dolly Surabaya. Target yang diharapkan dari penelitian ini yaitu berhasil menjawab fokus permasalahan yang telah diajukan serta ikut menyumbang khasanah ilmu pengetahuan dan juga menjadi salah satu acuan untuk pembuatan kebijakan oleh stakeholder terkait masalah sosial anak berupa pengentasan masalah pekerja seks komersial anak. Adapun luaran dari penelitian ini yaitu berupa artikel ilmiah yang dipublikasikan baik dalam bentuk cetakan (jurnal ilmiah) maupun elektronik (e-journal).

 

Dalam penelitian ini, digunakan teori komodifikasi serta menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun teknik penentuan informan menggunakan teknik Purposive. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam (indepth interview). Tahap analisis data melalui 3 tahap yaitu Scalling Measurement, selanjutnya Empirical Generalization, dan terakhir Logical Induction. Penelitian ini dilaksanakan dengan estimasi waktu empat bulan dan berlokasi di Kota Surabaya.

 

Adapun hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah, mekanisme perekrutan pekerja anak di industri seks komersial Surabaya ini melalui beberapa variasi, diantaranya yang berhasil diungkap yaitu dengan cara perekrutan secara halus (tidak disadari oleh anak sebagai korban), perekrutan secara paksa dan disertai ancaman, perekrutan karena sang anak terlilit hutang dengan mucikari, dan perekrutan karena keinginan anak sendiri tanpa paksaan dari siapapun, hanya karena iming-iming dari temannya, hal ini bisa dikatakan karena pergaulan yang salah (salah memilih teman bergaul).

 

Keyword: AYLA, Anak yang Dilacurkan, Pekerja Seks Anak, Industri Seks Komersial Jarak-Dolly, Mekanisme Perekrutan, Anak, Surabaya

 

# Untuk membaca jurnal ilmiah yang berjudul "AYLA (Anak yang Dilacurkan): Studi Tentang Mekanisme Perekrutan Pekerja Anak di Industri Seks Komersial Jarak-Dolly Surabaya" tersebut secara penuh, silahkan mendownloadnya pada link di bawah ini #


DOWNLOAD JURNAL

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :