MUHAMMAD ALHADA FUADILLAH HABIB

Belajar dari Masyarakat

**_* *_* *_* *_* *_* *_**

Find Me on Facebook


    ..:: Selamat Datang di ALHADA'S WEBSITE ..::.. Semoga ALHADA'S WEBSITE Bermanfaat Bagi Semua Kalangan ..::.. Jangan Lupa Kalau Mau Mengambil Isi dari Website Ini Harap Mencantumkan Sumbernya ..::.. http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id ..::.. Terimakasih Atas Kunjungan Anda ::..

DINAMIKA SOSIAL MIGRASI

diposting oleh alhada-fisip11 pada 10 January 2015
di Esay - 0 komentar

Migrasi merupakan perpindahan dari suatu wilayah asal ke wilayah tujuan yang dilakukan oleh seseorang maupun kelompok orang. Orang melakukan migrasi ke tempat tujuan karena tempat tjujuan tersebut memiliki daya tarik tersendiri, orang yang bermigrasi ke tempat tujuan itu seringkali disebut dengan ”Pendatang/ Orang asing”, adanya pendatang berarti juga adanya ”penduduk asli”. Penduduk pendatang tersebut maka secara sengaja maupun tidak sengaja pasti akan melakukan kontak atau berhubungan dengan penduduk asli, terdapat dua kemungkinan yang akan terjadi yaitu: hubungan tersebut bisa menjadi ramah tamah (saling menghargai budaya masing-masing sehingga akan menimbulkan keberagaman budaya yang harmonis) atau malah menimbulkan konflik (terjadinya adanya pihak yang mendominasi dan yang terdominasi). Budaya yang dibawa oleh para pendatang akan memiliki perbedaan dengan budaya penduduk setempat, penyesuaian sangatlah diperlukan dan harus dilakukan oleh pendatang agar bisa menyesuaikan dengan budaya/ kebiasaan dari penduduk asal. Pendatang yang tidak bisa menyesuaikan dengan penduduk asal maka akan menjadi suatu “gocangan budaya”(cultural shock).


Pendatang akan mengalami proses pembudayaan: proses mempelajari nilai-nilai tradisi penduduk asal tanpa melupakan nilai-nilainya sendiri, serta mengalami pemondokan: proses beradaptasi dengan peduduk asli dengan melakukan berbagai cara (dengan memberikan tenaga mereka, kesetiaan mereka) untuk menghindari terjadinya konflik, apabila konflik sudah terlanjur terjadi maka berusaha mengelola konflik menjadi kondisi yang kondusif, mewujudkan aturan baru, sistem sosial baru, dan memodifikasi yang lama yang fungsinya agar terjalin suatu kerjasama dan hubungan yang baik antara penduduk asal dan pendatang. Proses asimilasi oun idak bisa terelakkan pada penduduk yang melakukan migrasi. Asimilasi yaitu peleburan dimana tidak ada jurang pembeda antara penduduk asal dn pendatang, maksudnya adalah memberikan kesempatan yang sama baik itu penduduk asal maupun pendatang untuk ikut andil dalam mengambil bagian di masyarakat. Peleburan yang akan terjadi bukan hanya peleburan secara sosiocultural akan tetapi juga akan kemungkinan terjadi peleburan biologis, dikarenakan sudah tidak adanya jurang pembeda antara penduduk asal dan pendatang maka akan bisa terjadi pula perkawinan antar suku (perkawinan antara penduduk asal dengan pendatang).

 

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :